Tampilkan di aplikasi

Retroisme Ford Transit 1968

Majalah motor - Edisi 79
28 September 2016

Majalah motor - Edisi 79

Siapa sangka ada Ford Transit generasi kedua dengan tampilan yang beda.

motor
Siapa sangka ada Ford Transit generasi kedua dengan tampilan yang beda. Yang lebih ngejutin lagi, Transit Mk. II ini ternyata pernah eksis di salah satu garasi penggila retro di BSD, Tangerang beberapa tahun lamanya. Maka sungguh beruntung Chandra Perdana Murti, akhirnya bisa punya van tertua dan tersukses yang pernah diproduksi Ford Eropa ini, setelah beberapa kali pendekatan intensif sama pemilik lamanya. Padahal awalnya Chandra, panggilan akrabnya, awalnya cuma perlu mobil yang bisa dipakai untuk operasional tokonya, Picker Store di kawasan Pelajar Pejuang 45, Bandung.

Lewat bantuan beberapa teman dan komunitas, Chandra dapat kabar soal Ford Transit ini yang sedang berdiam diri di salah satu garasi penggila retro di BSD. Kondisi awalnya memang bukan dalam penampilan terbaiknya. Makanya beberapa ubahan dilakuin oleh Chandra, biar sesuai dan nyaman dipakai harian. Konsepnya jelas jadi mobil operasional toko dan bisa digeber keluar kota untuk sambangin event-event motor dan mobil bernuansa retro. Waktu ditelusuri sejarah Transit Mk. II ini, Chandra dapat fakat kalau mobil ini sempat terparkir di Kediri dalam jangka waktu yang lama. Saat itu, Transit Mk. II ini sudah enggak pakai mesin aslinya, yakni empat silinder bensin V4 1.663 cc. “Waktu di Kediri, Transit Mk. II ini diganti pakai mesin diesel empat silinder. Tapi ada dua pilihan, satu mesin turbo diesel dan satu lagi mesin diesel non turbo,” terang Chandra.

Dari Kediri, Transit Mk. II ini sempat dibawa ke Jakarta, sampai akhirnya jatuh ke tangan Chandra. Transit Mk. II ini tetap punya dua mesin diesel, tapi yang dipakai adalah mesin diesel empat silinder dengan turbo eks Ford Ranger, lengkap sama transmisi manual lima kecepatan. Makanya engine mounting berubah total untuk pasang mesin ini. “Firewall pun harus dibobok banyak, sekitar 10- 15cm lah,” sahut Chandra. Selain sektor mesin, kondisi Transit Mk. II ini dibiarain apa adanya.
Majalah motor di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI