Tampilkan di aplikasi

Honda RS 125 R NX4 2004, penampilannya paling ditunggu

Tabloid Motor Plus - Edisi 1030
28 November 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 1030

Datang ke Indonesia hanya berupa mesin utuh. Akhirnya Honda RS 125 R ini disandingkan dengan rangka aluminium kepunyaan Honda Nova Dash. / Foto : TEGUH

Motor Plus
Di balap 500 meter, Honda RS 125 R NX4 ini paling ditunggu penampilannya. Alasannya, selain penasaran dengan tampilan GP125 era 2-tak ini, penikmat balap lurus juga penasaran lari motor 125 cc ini.

Di Sera, Sentul, Jawa Barat, motor yang dijuluki Onde-Onde ini bisa dibilang mesin 124 cc yang suka melawan kodrat. Bejaban dengan motor 2-tak 150 cc ke atas. Tapi, berkat tangan handal bengkel D2M, jadi disegani sampai saat ini. Dibedah aja yuk

ENGINE. Untuk engine, Dhidy Nurhadi selaku mekanik mengatur ulang beberapa bagian mesin untuk penyesuaian lintasan 500 meter. Bagian yang diubah seperti kompresi dibuat jadi 6,7 : 1. Head VHM dimodif dengan mengatur ulang ukurannya, seperti volume ruang bakar jadi 15,3 cc. Nut 0,3 mm dan squish 14 derajat.

“Dengan hitungan seperti itu supaya tenaga bawah gak kedodoran. Karena karakter NX4 ini bisa dibilang gigi 1-nya lumayan berat. Jadi, harus dibuat enteng sedikit supaya start-nya bisa melesat,” jelas mekanik bermarkas di Jl. Raya Kapin No. 1, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Masih menurut Didi, tenaga Honda RS 125 R ini sebenarnya ada di tengah ke atas. Makanya, jokinya harus yang pintar bawa motor ini. “Derry Child 213 yang bisa ngegas motor karakter seperti ini,” ucap pria kelahiran Jakarta itu.
Tabloid Motor Plus di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI