Tampilkan di aplikasi

Buku Edulitera hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Analisis Problematika Pendidikan Ekonomi

1 Pembaca
Rp 116.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 348.000 13%
Rp 100.533 /orang
Rp 301.600

5 Pembaca
Rp 580.000 20%
Rp 92.800 /orang
Rp 464.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku "Analisis Problematika Pendidikan Ekonomi" menyajikan analisis kritis terhadap tantangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam konteks ekonomi. Mulai dari perbaikan kualitas pendidikan, otonomi pendidikan, hingga program sertifikasi guru, buku ini menguraikan beragam aspek yang memengaruhi sistem pendidikan. Dengan fokus pada peningkatan keterampilan, investasi pendidikan, dan adaptasi terhadap era digital, pembaca diajak untuk memahami kompleksitas dan upaya perbaikan yang diperlukan untuk mencapai kualitas pendidikan yang optimal. Semoga buku ini memberikan wawasan yang berharga bagi pembaca dalam merespons dinamika pendidikan di Indonesia.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Triesninda Pahlevi / Menik Kurnia Siwi / Renny Dwijayanti / Riza Yonisa Kurniawan / Mada Angga Dwi Nata / Meyta Pritandhari / Novela Juliana / Ramadhan Prasetya Wibawa / Novi Trisnawati / Novi Marlena

Penerbit: Edulitera
ISBN: 9786234850017
Terbit: Januari 2022 , 146 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku "Analisis Problematika Pendidikan Ekonomi" menyajikan analisis kritis terhadap tantangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam konteks ekonomi. Mulai dari perbaikan kualitas pendidikan, otonomi pendidikan, hingga program sertifikasi guru, buku ini menguraikan beragam aspek yang memengaruhi sistem pendidikan. Dengan fokus pada peningkatan keterampilan, investasi pendidikan, dan adaptasi terhadap era digital, pembaca diajak untuk memahami kompleksitas dan upaya perbaikan yang diperlukan untuk mencapai kualitas pendidikan yang optimal. Semoga buku ini memberikan wawasan yang berharga bagi pembaca dalam merespons dinamika pendidikan di Indonesia.

Pendahuluan / Prolog

Pengantar
Pendidikan merupakan fokus utama dalam membangun kualitas suatu bangsa. Setiap negara, termasuk Indonesia, terus berupaya meningkatkan sistem pendidikannya sejalan dengan perkembangan zaman. Dalam proses ini, terdapat beragam tantangan yang harus dihadapi, mulai dari penyelarasan kurikulum dengan tuntutan zaman hingga masalah pembiayaan pendidikan yang merata. Perubahan dalam teknologi informasi juga mempengaruhi pola pendidikan, memperkenalkan konsep baru seperti pendidikan daring.

Buku "Analisis Problematika Pendidikan Ekonomi" merangkum beragam permasalahan yang dihadapi dalam konteks pendidikan ekonomi di Indonesia. Melalui kajian yang mendalam, buku ini membahas tentang upaya-upaya perbaikan yang telah dilakukan pemerintah serta berbagai problematika yang masih perlu diatasi. Pembaca diajak untuk memahami tantangan yang ada dan merenungkan solusi-solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan ekonomi di Indonesia.

Diharapkan, buku ini dapat menjadi panduan bagi pembuat kebijakan, praktisi pendidikan, dan masyarakat umum dalam memahami dinamika pendidikan ekonomi di Indonesia. Dengan pemahaman yang lebih baik terhadap problematika yang ada, diharapkan dapat tercipta upaya-upaya konstruktif yang membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan ekonomi, menuju terwujudnya visi Indonesia emas pada tahun 2045.

Penulis

Triesninda Pahlevi - Triesninda Pahlevi, S.Pd., M.Pd., Lahir di Malang, 10 November 1986. Tahun 2005-2009 menempuh S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Malang. Tahun 2010-2012 menempuh S2 Program Studi Pendidikan Ekonomi. Tahun 2012 mulai mengajar di Universitas Negeri Surabaya sebagai dosen pengampu mata kuliah (1) Kewirausahaan; (2) Manajemen Kearsipan; (3) serta Evaluasi Belajar dan Pembelajaran. Sampai saat ini aktif melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan menulis artikel/junal ilmiah sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Telah melakukan berbagai penelitian dalam bidang pendidikan yang berawal dari permasalahan yang ada di pendidikan seperti inovasi media pembelajaran manajemen kearsipan berbasis web, pengembangan assessment pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan aktif menulis jurnal yang telah published di jurnal nasional maupun international yang bereputasi.


Menik Kurnia Siwi - Menik Kurnia Siwi S.Pd M.Pd., Lahir di Jambi, 5 Maret 1989. Tahun 2006-2010 menempuh S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Malang. Tahun 2010-2012 menempuh S2 Program Studi Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Malang. Tahun 2011-2013 mulai mengajar pada Sampoerna Academy dan menjadi dosen luar biasa di Universitas Negeri Malang. Pada tahun 2013 sampai sekarang menjadi dosen PNS di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Adapun matakuliah yang di ampu di Universitas Negeri Padang antara lain (1) Bank dan Lembaga Keuangan, (2) Matematika Ekonomi, (3) Ekonomi Moneter, (4) Kewirausahaan. Saat ini sedang menempuh pendidikan S3 pada Program Studi Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Malang. Sebagai dosen saya aktif dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Penelitian dan pengabdian rutin di lakukan setiap tahun. Baik dari segi pendidikan maupun dari peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi kajian dalam penelitian dan pengabdian. Adapun karya buku yang dihasilkan antara lain Bank dan Lembaga Keuangan, Start Up Business, Model-Model Pembelajaran, Micro Teaching, dan Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Indonesia.


Renny Dwijayanti - Renny Dwijayanti, S.Pd., M.Pd., Penulis adalah Dosen Prodi S-1 Pendidikan Tata Niaga (Pendidikan Bisnis) Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya. Menyelesaikan pendidikan dasar sampai menengah di kota Surabaya Jawa Timur. Menyelesaikan studi S-1 Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Surabaya dan menyelesaikan studi S-2 Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Malang. Saat ini, sedang menempuh studi S-3 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penulis adalah dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan, evaluasi pembelajaran, dan perilaku konsumen Karya yang dihasilkan adalah beberapa artikel yang publish baik nasional maupun internasional. Beberapa karya buku sudah dihasilkan antara lain buku dengan judul Strategi Pemasaran (Aplikasi Teori dan Konsep); Kewirausahaan (Aplikasi 21st Century Skills Bagi Start Up); Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis).


Riza Yonisa Kurniawan - Riza Yonisa Kurniawan S.Pd., M.Pd, Dilahirkan pada tanggal 31 Januari 1986. Lulus Sarjana Pendidikan Ekonomi (S-1) di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2007. Lulus Magister Pendidikan Ekonomi (S-2) Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Program Magister Pendidikan Ekonomi tahun 2010. Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jurusan dan Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unesa. Sebelumnya di tahun 2015-2017 menjadi Koordinator Tim Penjaminan Mutu Tingkat Fakultas dan di tahun 2018 menjadi Tim Pusat Penjaminan Mutu tingkat Universitas. Buku yang sudah di hasilkan yaitu Matematika Ekonomi, Statistika Bidang Pendidikan Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Kewirausahaan, Metode Pembelajaran Terbaik dan juga aktif menulis artikel ilmiah yang diterbitkan nasional maupun internasional.

Mada Angga Dwi Nata - Mada Angga Dwi Nata, M.Pd. Lahir di Labuhan Maringgai, 16 Oktober 1991. Pendidikan S1 prodi pendidikan ekonomi di tempuh di Universitas Lampung (Unila) pada tahun (2009-2013) kemudian melanjutkan S2 prodi pendidikan ekonomi di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) pada tahun (2014-2016). Selanjutnya melanjutkan S3 prodi pendidikan ekonomi di Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 2021 hingga saat ini terdaftar sebagai mahasiswa aktif. Saat ini aktif sebagai owner di PT. Dya Dya Indonesia, founder di PT. Arfadya Gagah Persada dan Co-Founder di CV. Dafa Proteksindo. Saran, kritik dan diskusi sangat diharapkan guna peningkatan keilmuan, penulis dapat dihubungi melalui HP: 0812 79286 286.


Meyta Pritandhari - Meyta Pritandhari, M.Pd. Lahir di kota Metro, 25 Mei 1990. Pendidikan S1 prodi pendidikan ekonomi di tempuh di Universitas Lampung (Unila) pada tahun (2008-2012) kemudian melanjutkan S2 prodi pendidikan ekonomi di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) pada tahun (2012-2014) . Selanjutnya melanjutkan S3 prodi pendidikan ekonomi di Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 2021 hingga saat ini terdaftar sebagai mahasiswa aktif. Saat ini aktif sebagai dosen tetap yayasan di Universitas Muhammadiyah Metro pada prodi pendidikan ekonomi. Mata kuliah yang diampu adalah kewirusahaan, UMKM dan koperasi, ekonomi pembangungan dan perpajakan. Beberapa karya ilmiah yang telah di publikasikan adalah tentang media pembelajaran yaitu evaluasi penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran, penerapan komik strip sebagai media pembelajaran manajemen keuangan, pengembangan media pembelajaran ludo pada mata pelajaran ekonomi, pengembangan media e book berbasis edmodo dan analisis pembelajaran monopoli ekonomi pada siswa boardingschool. Saran, kritik dan diskusi sangat diharapkan guna peningkatan keilmuan, penulis dapat dihubungi melalui HP: 0857 6834 6191.


Novela Juliana - Novela Juliana, S.Pd., M.Pd., Lahir di Penyasawan Riau, 20 november 1990. menyelesaikan pendidikan S1 di pendidikan S1 di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau, (2015). S2 di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Riau pekanbaru (2017) Studi Lanjut S3 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang (2021). Saat ini adalah Dosen Prodi Pendidikan Luar biasa Ekonomi Universitas Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau. Beberapa karya penelitian pengaruh penggunaan Media Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa, analisis faktorfaktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa. Saran, kritik dan diskusi sangat diharapkan guna peningkatan keilmuan, penulis dapat dihubungi melalui HP: 081268863919.


Ramadhan Prasetya Wibawa - Ramadhan Prasetya Wibawa, S.Pd., M.Pd., Lahir di Karanganyar, 26 April 1988. Menyelesaikan pendidikan S1 di Program Studi Pendidikan Ekonomi BKK PAP FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta (2010). S2 di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta (2013). Studi Lanjut S3 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang (2021). Saat ini adalah Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun. Beberapa karya penelitian yang didanai oleh DRPM Ristek Dikti diantaranya; yaitu Implementasi Sistem Ekonomi Berbasis Komunitas Sebagai Metode Alternatif Pengentasan Kemiskinan dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Pada Masyarakat Madiun didanai Dikti Tahun 2017 dan Peran Perempuan Kepala Keluarga dalam Menjalankan Fungsi Keluarga dan Menciptakan Kemandirian Ekonomi Keluarga di Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Jawa Tengah didanai Dikti Tahun 2018. Buku Yang Telah dihasilkan Tahun 2018 dengan Judul “ Perempuan Kepala Keluarga Dalam Perubahannya”. Pada Tahun 2021 menghasilkan Book Series Kampus Merdeka Seri 5 pada Sub Tema Transformasi Media Pengajaran di Era Kenormalan Baru dengan judul chapter “Pentingnya Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19”. Pada Tahun 2022 menghasilkan Book Chapters Eksistensi Ekonomi Kerakyatan di Indonesia dengan judul chapter “Internalisasi Pasal 33 UUD 1945 Dalam Pembelajaran Ekonomi” Saran, kritik dan diskusi sangat diharapkan guna peningkatan keilmuan, penulis dapat dihubungi melalui HP: 085647108848.


Novi Trisnawati - Novi Trisnawati, S.Pd., M.Pd. Penulis adalah Dosen Prodi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya. Menyelesaikan pendidikan dasar sampai S-2 di kota kelahiran yaitu Surabaya, Jawa Timur. Menyelesaikan studi S-1 Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Surabaya dan menyelesaikan studi S-2 Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Manajemen Bisnis di Universitas Negeri Surabaya. Saat ini, sedang menempuh studi S-3 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Mata kuliah Ilmu Administrasi dan Manajemen, Kesekretarisan, Aplikasi Komputer, Teknologi Perkantoran adalah mata kuliah yang di ampu sejak awal berkarier sebagai dosen. Karya yang dihasilkan adalah beberapa artikel yang publish baik nasional maupun internasional. Beberapa karya buku sudah dihasilkan antara lain buku dengan judul Manajemen Sekretaris Perkantoran Modern Teori dan Praktek Edisi Revisi; Buku Ajar Mata Kuliah Teknologi Perkantoran Berbasis Model Pembelajaran ASSURE.


Novi Marlena - Penulis adalah Dosen Prodi S-1 Pendidikan Tata Niaga (Pendidikan Bisnis) Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya. Menyelesaikan pendidikan dasar sampai menengah di kota kelahiran yaitu kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Tahun 2004 menyelesaikan studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Surabaya. Tahun 2008 menyelesaikan studi S-2 Ilmu Manajemen Universitas Airlangga. Saat ini, sedang menempuh studi S-3 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Mata kuliah Ilmu Administrasi dan Manajemen, Manajemen Strategi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional adalah mata kuliah yang di ampu sejak awal berkarier sebagai dosen. Karya yang dihasilkan adalah beberapa artikel yang publish baik nasional maupun internasional. Beberapa karya buku sudah dihasilkan, baik dalam bentuk Buku Ajar maupun Book Chapter, antara lain buku dengan judul Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen; Binis Digital; Pengantar Ilmu manajemen Sebuah Pendekatan Konseptual; Kinerja Karyawan: Era Transformasi Digital; Manajemen Sumber Daya Manusia; Manajemen Strategi: Membangun Keunggulan Kompetitif; Perilaku Konsumen: Tinjauan Konseptual dan Praktis.

Daftar Isi

Sampul
Prakata
Daftar isi
Bab 1 Peningkatan skills dan kerjasama kewirusahaan
     Meningkatkan Intensi Berwirausaha MelaluiKerjasama Antara Perguruan Tinggi denganStakeholder: Solusi Permasalahan PendidikanKewirausahaan
     Peningkatan Skills dan Kualitas Sumber DayaManusia Dalam Bisnis Global
Bab 2 Otonomi pendidikan
     Analisis Deskriptif : Kebijakan Otonomi Keuangandi Perguruan Tinggi
     Otonomi Pendidikan dan Alokasi AngaranPendidikan
Bab 3 Program sertifikasi guru
     Pentingnya Sertifikasi Guru Sebagai PenunjangProses Pembelajaran
     Sertifikasi Guru Sebagai Peningkatan Kinerja GuruDalam Pembelajaran
Bab 4 Investasi pendidikan
     Investasi Pendidikan di Masa Depan
     Nilai Investasi: Biaya dan Manfaat DalamMempengaruhi Keputusan Akses PerencanaanPendidikan
Bab 5 Ekonomi digital
     Peran Ekonomi Digital Dalam Pendidikan EkonomiDi Perguruan Tinggi
     Transformasi Digital : Ekonomi dan Pendidikan
Biodata penulis