Tampilkan di aplikasi

Mewarnai efektif redakan stres?

Tabloid NOVA - Edisi 1489
5 September 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1489

Belakangan ini marak buku mewarnai yang mengklaim bisa menjadi pereda stres. Hmm...benarkah? Seberapa efektif buku mewarnai ini sebagai solusi antistres? / Foto : istock

NOVA
Sebenarnya, menurut Melati Friska Winafarisa, M.Psi., Psikolog dari PT. MHC (Multi Human Cendikiawan), kegiatan mewarnai seperti menggunakan buku mewarnai bagi orang dewasa yang marak beredar, secara mendasar tidak dapat disamakan dengan proses dari sesi lengkap dalam suatu terapi seni. “Tentunya tidak tepat jika terapi seni (terapi menggambar/ terapi mewarnai) disamakan dengan kegiatan mewarnai seperti itu.”Hilangkan Stres, Tapi… Kegiatan mewarnai seperti menggunakan buku-buku mewarnai untuk dewasa tersebut dapat digunakan sebagai media untuk melepaskan stres dan membuat individu menjadi lebih santai. Setiap individu sepertinya memiliki warna-warna favorit dan kemudian dapat dikombinasikan pada saat mewarnai yang dapat memberikan rasa puas dan senang.

Pada saat melakukan kegiatan mewarnai, perhatian individu fokus pada gambar tersebut. Secara tidak langsung ia sementara menghentikan pikiran-pikiran yang beragam. Perhatian terfokus pada ‘here and now’, sehingga cenderung tidak mencemaskan berbagai hal ataupun pemikiran yang ruwet. “Tanpa sadar, dapat membuat individu menjadi lebih santai. Meski demikian, bukan berarti masalah yang sedang dihadapinya dapat selesai hanya dengan kegiatan mewarnai. Itu sebatas membuat individu menjadi lebih santai.” Ragam Terapi Seni Perlu kita tahu, dalam ilmu psikologi terdapat beberapa terapi yang dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk melakukan proses penyembuhan bagi individu yang mengalami gangguan psikologis. Macam terapi yang digunakan beragam dan variatif sesuai dengan kegunaannya.

Terapi yang digunakan pada prinsipnya untuk melakukan intervensi, baik kepada anak-anak dan orang dewasa yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap individu. “Psikolog akan menggunakan terapi terhadap seseorang yang mengalami gangguan psikologis sesuai dengan diagnosis yang telah dilakukan sebelumnya.” Nah, salah satu terapi yang dapat diberikan kepada klien adalah terapi seni (art therapy).
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI