Tampilkan di aplikasi

10 khasiat kopi untuk kecantikan kulit dan rambut

Tabloid NOVA - Edisi 1492
27 September 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1492

Ternyata kafein dalam kopi justru bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Bahkan kopi bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Bagaimana caranya?

NOVA
Perawatan kecantikan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, selain praktis dan ekonomis, pastinya lebih aman. Salah satu bahan yang sederhana untuk perawatan kecantikan adalah bubuk kopi. Hanya dengan bubuk kopi Anda bisa mendapatkan kulit dan rambut yang sehat dan bercahaya secara alami. Kopi mengandung kafein yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, kafein dalam kopi dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan rambut. Mulai dari mengurangi kemerahan, selulit, menghilangkan mata bengkak dan sebagainya.

Selain itu, kafein membantu memperbaiki kondisi kulit dan rambut. Antioksidan di dalamnya membantu mencerahkan wajah, mewarnai rambut secara alami, mencegah rambut kusut, dan membuat rambut bersinar indah. Khusus untuk kesehatan rambut, menurut International Journal of Dermtology, kopi memiliki kemampuan menstimulasi pertumbuhan folikel rambut. Rambut yang diberi kafein memiliki umur 37 persen yang lebih panjang ketimbang rambut yang tidak diberi kafein.

Bagaimana cara kerja kafein pada rambut? Kandungan kafein dalam kopimenghambat efek suatu senyawa kimia yang dikenal dengan nama DHT (dihidrotestosteron). DHT tersebut menempel pada sel-sel reseptor folikel rambut, sehingga menghalangi aliran darah dan nutrien yang seharusnya menjadi “hak” rambut. DHT juga diduga menjadi pemicu kebotakan pada pria dan membuat rambut rontok. Manfaat Kecantikan Kulit 1 . Hilangkan Mata Panda Kafein dalam kopi efektif menghilangkan lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata. Buatlah pasta dari bubuk kopi dan air. Letakkan di bawah mata, lalu bilas. Dalam waktu setengah jam semua bengkak akan hilang. 2. Pengelupasan Kulit Mati Ambil biji kopi bubuk dan gosok kulit dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Untuk pengelupasan (scrubbing) gunakan campuran kopi dan minyak zaitun karena minyak zaitun akan menjaga kulit tetap lembap.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI