Tampilkan di aplikasi

Deteksi dini demi hidup berseri

Tabloid NOVA - Edisi 1494
18 Oktober 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1494

Medical Check Up jangan pernah ditakuti. Kecuali kalau kita mau telat sebelum benar berobat. / Foto : istock

NOVA
Melakukan Medical Check Up (MCU) bagi perempuan bisa jadi lebih wajib dan penting ketimbang bagi lelaki. Karena, kita bisa mendeteksi apakah kita terpapar kanker payudara atau kanker serviks secara dini. Nah, salah satu upaya pencegahan adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin atau MCU, tak terkecuali bagi kaum hawa.

“Supaya penanganan dapat dilakukan secara optimal tanpa menunggu keluhan, apalagi untuk penyakit- penyakit seperti kanker payudara dan kanker serviks yang angkanya setiap tahun bertambah,” jelas dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, Sp.OG selaku dokter spesialis kebidanan dan kandungan Siloam Hospitals Kebon Jeruk. Ditambahkan Kathleen, perempuan wajib melakukan skrining mamografi apabila sudah berusia 40 tahun. Yang tak kalah penting adalah pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI yang dilakukan sejak dini, sehingga bila ditemukan benjolan di payudara dapat segera mendapat penanganan lebih lanjut oleh dokter “Selain SADARI dan mamografi, perempuan di bawah usia 30 tahun dan aktif secara seksual juga harus melakukan papsmear setiap tahun.

Untuk perempuan usia di atas 30 tahun, setelah tiga tahun berturut –turut melakukan papsmear dan hasilnya normal dapat melakukannya setiap dua atau tiga tahun lagi,” tambahnya. “Biasanya,” lanjut Kathleen, “Saat melakukan pemeriksaan papsmear juga sekalian melakukan cek USG untuk melihat organ kandungan.” Selain pemeriksaan papsmear, tes IVA (infeksi visual asam asetat) juga bisa dilakukan. “Tes IVA pada prinsipnya sama dengan papsmear, yakni untuk mendeteksi kanker serviks. Bedanya, pemeriksaan papsmear mengambil sel langsung di mulut rahim dan diperiksa ahli patologi anatomi di bawah mikroskop, sementara tes IVA jauh lebih sederhana dan bisa dilakukan di Puskesmas, meski tetap butuh petugas yang sudah ahli.”
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI