Tampilkan di aplikasi

Atur bujet shopping, kepala bebas pusing!

Tabloid NOVA - Edisi 1603
13 November 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1603

Sementara buat yang sudah berkeluarga, pengeluaran rutin keluarga bisa menyedot anggaran besar, sehingga hanya sedikit tersisa untuk pengeluaran pribadi.

NOVA
Dalam mengelola keuangan, kebutuhan untuk membeli baju, sepatu, tas, dan segala pernak-perniknya memang tak tergolong kebutuhan utama. Sebab sejatinya ada pengeluaran lain yang lebih esensial. Cicilan rumah, misalnya. Atau biaya asuransi, makan, transportasi, bahkan pulsa telepon genggam.

Permasalahannya, bila bukan merupakan prioritas, mengapa pengeluaran ini selalu muncul tanpa kita sadari? Tiba-tiba saja, bujet pengeluaran per bulan malah meninggi. Ada di bagian manakah “pengeluaran untuk shopping” ini sebetulnya?

4 Kelompok Pengeluaran

Setiap bulannya, komposisi pengeluaran idealnya terbagi atas empat pos pengeluaran. Ada tabungan dan investasi, cicilan utang, pengeluaran rutin, hingga pengeluaran pribadi. Dari komposisi tersebut, kita bisa melihat bahwa pengeluaran untuk belanja tergolong ke dalam kategori pengeluaran pribadi dan proporsi maksimalnya hanya disarankan sebesar 20%.

Yang Anda tidak boleh lupa, kategori pengeluaran pribadi ini mencakup banyak hal. Mulai dari bujet ke gym, salon, vitamin, pulsa, makan di luar, les, majalah, hingga belanja tas, sepatu, atau pakaian. Tentu saja komposisi tersebut akan berbeda bagi setiap orang.

Yang single dengan yang sudah berkeluarga, pengeluarannya pasti berbeda. Bagi yang masih single, barangkali pengeluaran rutin masih belum terlalu besar, sehingga komposisi pengeluaran pribadi kadang lebih besar dari pengeluaran rutin.

Sementara buat yang sudah berkeluarga, pengeluaran rutin keluarga bisa menyedot anggaran besar, sehingga hanya sedikit tersisa untuk pengeluaran pribadi. Tapi yang terpenting dari semuanya adalah, bujet tabungan Anda harus lebih besar dari 10% penghasilan, sementara bujet cicilan utang harus lebih kecil dari 30% penghasilan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI