Tampilkan di aplikasi

BKKBN dan ICMI, buat modul kesehatan reproduksi untuk remaja

Tabloid NOVA - Edisi 1610
26 Desember 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1610

Banyak orang yang beranggapan bahwa pengetahuan soal kesehatan reproduksi hanya penting bagi perempuan yang sudah menikah.

NOVA
Banyak orang yang beranggapan bahwa pengetahuan soal kesehatan reproduksi hanya penting bagi perempuan yang sudah menikah. Ini pandangan yang keliru. Pengetahuan ini perlu diberikan kepada anak sejak ia menginjak usia remaja atau memasuki masa perkuliahan. Memasuki usia remaja, seorang anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Apalagi di era digital seperti ini, mereka sangat mudah mendapatkan berbagi informasi. Rasa ingin tahu yang besar serta akses informasi yang terbuka lebar ini, perlu diimbangi dengan pengetahuan yang baik tentang pertemanan sehat dan kesehatan reproduksi. Hal ini juga mengingat masih tingginya tingkat pernikahan usia dini di Indonesia.

Itulah alasan Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) menjadi salah satu bagian dari Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Selain untuk mencegah pernikahan usia dini, program ini juga ditujukan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, merokok, konsumsi alkohol, serta HIVAIDS.

Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Pergaulan Sehat ini dituangkan dalam kerja sama antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat.

Penandatanganan MoUnya dilakukan oleh Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (Deputi KBKR) BKKBN, Dr. Ir. Dwi Listyawardani, Msc, Dip.Com dan Wakil Ketua Umum ICMI, Dr. Sri Astuti Buchari.

Kesepakatan ini disahkan pada malam Pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) dan Milad ICMI ke- 28 yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Mahligai Convention Center Pascasarjana Universitas Bandar Lampung (UBL), Lampung, 6 Desember lalu.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI