Tampilkan di aplikasi

Overthinking, keramaian pikiran yang wajar

Tabloid NOVA - Edisi 1748
20 Agustus 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1748

Banyak orang menyebut-nyebut istilah overthinking. Ternyata dalam ilmu psikologi, istilah ini tidak ada. Jadi sebenarnya apa, dong?

NOVA
Belakangan ini pikiran lagi ramai banget, ada saja masalah yang dipikirkan. Mikirin keadaan sekarang, terus kembali ke masa lalu, lalu loncat lagi ke khawatiran di masa depan. Sampai-sampai malah berlebihan, kadang malah sedih sendiri dan jadi susah tidur,” curhat Amanda, perempuan 25 tahun itu pada NOVA. Apa yang dialami oleh Amanda biasa disebut banyak orang sebagai overthinking.

Kalau di media sosial Twitter, ada sebuah istilah yang sering dipakai, yakni “jam-jam overthinking,” saat-saat di mana seseorang terseret dalam arus pikiran. Enggak jarang, kondisi ini bikin kita merenung, galau, khawatir, hingga sedih. Kalau begitu, apakah overthinking ini termasuk gangguan pada kesehatan mental? Lalu, bagaimana mengatasi overthinking yang datang? Wajar, Asal...

Menurut Adjie Santosoputro, Mindfulness Practitioner & Emotional Healer, jika dihubungkan dengan kesehatan mental, overthinking tidak bisa dikategorikan sebagai gangguan kesehatan mental. Sebaliknya, hal ini adalah sebuah kewajaran. Lho, kok bisa? “Overthinking dari sudut pandang dan ilmu yang saya pelajari adalah sebuah kewajaran. Dalam arti, pikiran kita ini akan selalu over, selalu ramai dan bising. Kalau di psikologi sendiri, panduan tentang gangguan mental, gangguan overthinking itu enggak ada. Hanya celetukan di media sosial,” jelas Adjie saat dihubungi NOVA. Lalu, apa yang sebenarnya kita alami?

Jika ditelaah lebih dalam, “ramainya” pikiran akan cenderung memberikan gambaran yang negatif dan tidak mengenakkan bagi kita tentang hidup kita. Namun, tak berarti buruk juga. Pikiran yang ramai ini akan memunculkan kekhawatiran-kekhawatiran akan bahaya, sehingga sebenarnya bertujuan menyelamatkan diri. Asal jangan sampai terlalu terseret pikiran ramai tadi. Meski tidak selalu, overthinking bisa mengarah pada munculnya kecemasan atau serangan panik.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI