Tampilkan di aplikasi

Menyusui saat positif Covid-19, aman?

Tabloid NOVA - Edisi 1751
13 September 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1751

Menyusui Saat Positif Covid-19, Aman?

NOVA
Fitri, seorang ibu dari dua anak yang tinggal di Sukabumi, bercerita baru-baru ini kepada NOVA. Awalnya sang adik terinfeksi Covid-19 karena masih bekerja di luar rumah. Sedangkan, Fitri sendiri di rumah saja mengurus bayinya yang kala itu masih berusia empat bulan. Namun, tak bisa ditolak, Fitri akhirnya positif juga tertular dari sang adik.

“Saat divonis positif Covid-19, pastinya pikiran langsung tertuju sama nasib anak yang masih bayi. Bukan lagi ke diri saya. Saya khawatir banget. Bagaimana ya, anak saya ini, kan, masih butuh ASI. Kalau stop nutrisinya gimana? Tapi, kalau saya nyusuin nanti menularkan enggak, ya? Itu pikir saya,” cerita Fitri. Covid-19 memang tak pandang bulu, ibu menyusui pun bisa menjadi sasarannya. Saat hal ini menimpa, tentu banyak prahara, kekhawatiran, dan tantangan besar. Apalagi, jika kita adalah ibu baru dan si kecil kesayangan masih dalam usia genting yang butuh asupan ASI eksklusif.

Kalau berhenti menyusui, khawatir akan gizi dan tumbuh kembang si kecil. Tapi kalau tetap menyusui, takut si kecil ketularan Covid-19. Kekhawatiran Fitri pastinya mewakili perasaan banyak ibu menyusui lainnya jika dihadapkan pada situasi dan kondisi yang serupa. Apalagi klaster keluarga kian banyak ditemukan. Ketakutan untuk tetap menyusui selama positif Covid-19 pun pasti dirasakan. Lantas, bagaimana baiknya kita bertindak?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI