Tampilkan di aplikasi

Penderita PCOS, lebih baik jadi vegetarian?

Tabloid NOVA - Edisi 1761
19 November 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1761

Memang benar ada pengaruhnya, tapi bukan satu-satunya jalan.

NOVA
Banyak pasangan menginginkan momongan, tapi tak semua bisa dapat dengan mudah. Ada beberapa masalah kesuburan yang sering menghadang, salah satunya PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome. Secara umum PCOS adalah gangguan pematangan sel telur. Kondisi ini membuat perempuan mengalami gangguan haid, serta kemungkinan sulit hamil. Sayangnya, PCOS tak berhenti pada gangguan hormon saja, namun PCOS juga bisa mengganggu sistem metabolisme.

Salah satu content creator TikTok dengan akun @sastiaroria, yang juga memiliki PCOS, kini menjalankan gaya hidup sebagai vegetarian. Hal ini dilakukan demi alasan kesehatan, terutama untuk mengontrol metabolisme dan PCOS yang ia miliki. Lantas, apakah penderita PCOS memang lebih baik jadi vegetarian?

Dua Masalah. Gangguan metabolisme pada penderita PCOS mengacu pada terjadinya resistensi insulin di tubuh. Menurut dr. William Wahono, SpOG., resistensi insulin terjadi karena adanya gangguan dan perubahan hormon-hormon dalam tubuh.

“Resistensi insulin ini sumbangsihnya akan menyebabkan gangguan metabolisme glukosa. Resistensi insulin ini sebenarnya salah satu biang kerok terjadinya gangguan ovulasi lebih lanjut, karena berinteraksi dengan hormonhormon lain. Selain itu, ada gangguan metabolisme lipid (lemak). Biasanya pasien PCOS mudah mengalami obesitas, meski tidak semua,” jelas dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Pusat Fertilitas Bocah Indonesia ini.

Nah, karena mudah obesitas dan punya resistensi insulin inilah beberapa orang dengan PCOS memutuskan mengubah gaya hidupnya menjadi vegetarian. Tentunya dengan tujuan untuk mengurangi gejala PCOS, serta mengontrol resistensi insulin dan berat badan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI