Tampilkan di aplikasi

Microsleep, tidur singkat mengundang maut

Tabloid NOVA - Edisi 1761
19 November 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1761

Bisa sebabkan kecelakaan lalu lintas, yuk ketahui tandatanda microsleep.

NOVA
Belakangan, istilah ramai terdengar usai kejadian kecelakaaan lalu lintas yang microsleep dialami artis Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Andriansyah. Diberitakan sebelumnya, selain karena bermain ponsel dan mengebut hingga 120 km/jam di jalan tol, penyebab kecelakaan juga diduga karena sang supir, Tubagus Joddy, kelelahan dan mengantuk. Nah, soal mengantuk saat berkendara ini biasanya dikaitkan dengan kondisi microsleep tadi. Apa itu?

Cuma 5-10 Detik. Menurut dr. Andreas Prasadja, RSPGT., dari Snoring & Sleep Disorder Clinic, RS Mitra Kemayoran, Jakarta, microsleep adalah kondisi tertidur tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat. Biasanya hanya sekitar 5 sampai 10 detik saja. Saking singkatnya, bahkan banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya jatuh tertidur. “Orang tersebut langsung tidak sadar. Otaknya sudah tertidur,” ujar dr. Andreas, dikutip NOVA dari Kompas.com, Rabu (11/11). Secara sains, microsleep disebabkan oleh otak yang tidak dapat bertahan di antara rasa lelah dan kondisi terjaga.

Meski, tak semua bagian otak tertidur, microsleep ini tak bisa disepelekan. Pasalnya, episode tidur singkat yang terjadi dalam hitungan detik ini, sering kali menjadi penyebab banyak kecelakaan lalu lintas. Para pengendara mobil sangat rentan mengalami microsleep, khususnya saat tubuh kurang tidur. “Kemampuan konsentrasi, kewaspadaan, dan respons sudah turun. Gejala mengantuk paling umum adalah menguap, dan mata berair, apalagi kalau kepala sudah bersandar. Itu sudah sangat bahaya,” tuturnya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI