Tampilkan di aplikasi

Kiat kompak bisnis kakak-adik, urusan bisnis, bukanlah urusan keluarga

Tabloid NOVA - Edisi 1794
11 Juli 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1794

Walau banyak yang berakhir putus hubungan, sampai tidak bicara satu sama lain, bukan berarti bisnis bersama kakak dan adik tak bisa sukses. Pahami dulu kiat-kiatnya.

NOVA
Para orangtua kita suka berpesan, jangan berbisnis sama saudara atau sahabat. Kenapa? Karena dalam berbisnis ada saja potensi konfliknya. Kalau kita jalankan bersama orang lain, amit-amit ada masalah serius sampai terjadi “putus hubungan”, ya sudahlah. Tapi kalau bisnisnya sama saudara atau sahabat, apa iya mau putus hubungan?

Nah, ini pula yang mungkin terjadi bila kita berbisnis bersama kakak atau adik kandung. Ada banyak potensi masalah yang mungkin terjadi. Mulai dari idealisme yang berbeda, pembagian hasil keuntungan, kepemilikan usaha, sampai proses kerja. Kakak-adik, walaupun lahir dari orangtua yang sama, tak selalu memiliki kesamaan dalam cara berpikir, etos kerja, kesiapan mental, pengetahuan, kompetensi, dan lain-lain. Semua perbedaan ini berpotensi menimbulkan masalah.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa, lho, berbisnis dengan kakak atau adik kandung. Banyak juga, kok, contoh kakak-adik yang sukses berbisnis baik pesohor, selebritas, atau orang biasa. Salah satu contohnya adalah aktris Zaskia Adya Mecca, yang berbisnis bersama kakak dan adiknya. Lahir dari 7 bersaudara memang bikin Bia, sapaan akrabnya, terbiasa dengan keramaian. Lantas, dari situlah tercetus ide untuk membuat bisnis bareng kakak dan adik-adiknya.

Dikatakan istri Hanung Baramantyo ini, background pendidikan yang berbeda-beda di antara kakak-adiknya itu, membuat mereka saling melengkapi dalam merintis bisnis. Maka dari itu, bisnis di bidang fashion yang dia bangun bersama saudara kandungnya bisa bertahan sampai sekarang, dan tentunya banyak menghasilkan cuan. Selain Zaskia, ada sederet selebritas lain yang turut mengajak kakak-adiknya membangun usaha.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI