Tampilkan di aplikasi

Kista ovarium seperti Hailey Bieber, apa tandanya?

Tabloid NOVA - Edisi 1817
19 Desember 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1817

Ukurannya bisa sebesar apel dan muncul berkali-kali! Kenali risiko dan gejalanya sejak awal, yuk.

NOVA
Belum lama ini, kabar kesehatan model internasional Hailey Bieber jadi sorotan. Beberapa penggemar dan warganet sempat menduganya tengah hamil lantaran perutnya terlihat sedikit lebih buncit dari biasanya. Tapi ternyata istri Justin Bieber itu malah mengungkapkan hal yang jauh berbeda.

Dalam unggahan di Instagram Story-nya, ia memperlihatkan perutnya yang sedikit berisi itu sambil menuliskan beberapa pernyataan bahwa ia bukan sedang hamil, tapi justru tengah mengidap kista ovarium. Di dalam unggahannya itu juga, Hailey menyatakan bahwa ia sudah beberapa kali terkena kista ovarium.

“Saya memiliki kista di indung telur saya seukuran apel, saya tidak memiliki endometriosis atau PCOS tetapi saya pernah terkena kista ovarium beberapa kali dan itu tidak pernah menyenangkan,” tulis Hailey dalam unggahannya.

Ia juga mengatakan bahwa kondisinya itu membuatnya sakit, merasa mual, kembung, kram, dan emosional. Banyak warganet yang mendoakan sembari memberi semangat pada Hailey. Tapi selain itu, banyak yang penasaran, apa itu kista ovarium? Apakah ganas? “Sejatinya kista ovarium adalah jenis tumor, dapat bersifat jinak atau ganas yang berasal dari organ kewanitaan yaitu ovarium,” jelas dr. Kartika Hapsari, Sp.OG, FNVOG., Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Puri Indah.

Lebih lanjut, kista ovarium bentuknya kantung berisi cairan yang muncul di indung telur atau ovarium. Biasanya, kista ini muncul saat masa subur atau saat mengalami menstruasi akibat adanya permasalahan folikel di ovarium.

“Faktor pemicu terjadinya kista ovarium adalah genetik atau riwayat keturunan dan hormonal,” lanjut dr. Kartika Yang meresahkan, kadang gejala keberadaan kista ovarium ini tidak disadari atau sering disalahartikan oleh kita. Sehingga kita tahunya bisa terlambat, saat sudah cukup besar ukurannya. Lantas, apa, sih, tanda-tanda kita terkena kista ovarium?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI