Tampilkan di aplikasi

Kiat mudah merawat ikan hias, ikan juga butuh adaptasi

Tabloid NOVA - Edisi 1817
19 Desember 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1817

Merawat ikan hias bisa bikin tidur lebih baik, karena kegiatan baru tersebut dapat menciptakan perasaan tenang dan meredakan stres.

NOVA
Menutup tahun 2022, tak ada salahnya mulai mencari hobi baru. Salah satunya mungkin Sahabat NOVA bisa mencari hewan peliharaan. Selain memelihara kucing atau anjing, kita bisa merawat ikan hias sebagai opsi ketiga. Sama halnya dengan merawat hewan lainnya, tentu saja saat memulai ada hal yang mesti diperhatikan agar hewan peliharaan sehat dan bahagia. Serta bagaimana agar ikan hias bisa tetap indah dan cantik.

Setelah memutuskan untuk merawat ikan hias, coba riset apa saja ikan yang sebaiknya mudah dipelihara. Jangan sampai bikin kita ribet hingga menguras kantong. Tak lupa perhatikan juga bujet agar hobi baru ini enggak membuat kita kesulitan di akhir bulan. Melansir dari Kompas.com,, Dr. Wiyoto, Dosen Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya Sekolah Vokasi IPB University memberikan beberapa tipsnya.

1. Perhatikan Akuarium
Untuk pertama kali, akuarium harus dibersihkan dan didesinfeksi menggunakan klorin. Kemudian, bilas dengan air bersih dan keringkan. Setelah ditempati oleh ikan, bersihkan akuarium satu minggu sekali dengan menggosok bagian dindingnya menggunakan busa.

2. Persiapkan Masa Adaptasi
Jangan langsung memasukkan ikan yang baru kita beli ke wadah baru. Ketahuilah bahwa ikan butuh proses adaptasi atau aklimatisasi selama 30 menit. Lebih baik pindahkan ikan dengan meletakkan kantung plastik berisi ikan ke akuarium yang sudah disiapkan. Kemudian, buka kantung plastik. Masukkan air dalam akuarium ke kantongnya hingga ikan dapat ditebar ke dalam akuarium.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI