Tampilkan di aplikasi

Buku Nuansa Cendekia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Kamus Ekonomi

Akurat dan Populer

1 Pembaca
Rp 41.000 15%
Rp 34.850

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 104.550 13%
Rp 30.203 /orang
Rp 90.610

5 Pembaca
Rp 174.250 20%
Rp 27.880 /orang
Rp 139.400

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

"Dirancang secara khusus untuk referensi pelajar sekolah menengah, yang bisa pula digunakan mahasiswa, guru, dan pembaca secara umum. Definisi setiap istilah dijabarkan secara akurat dan ditulis secara popular sehingga pembaca lebih mudah memahami istilah-istilah ekonomi yang kebanyakan dari bahasa asing. Beberapa entri diberi contoh tambahan agar makna istilah dapat lebih tergambarkan."

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Haris Priyatna
Editor: Irwan Kurniawan

Penerbit: Nuansa Cendekia
ISBN: 9786023502028
Terbit: Oktober 2014 , 108 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

"Dirancang secara khusus untuk referensi pelajar sekolah menengah, yang bisa pula digunakan mahasiswa, guru, dan pembaca secara umum. Definisi setiap istilah dijabarkan secara akurat dan ditulis secara popular sehingga pembaca lebih mudah memahami istilah-istilah ekonomi yang kebanyakan dari bahasa asing. Beberapa entri diberi contoh tambahan agar makna istilah dapat lebih tergambarkan."

Pendahuluan / Prolog

Pengantar Penulis
Puji syukur kepada Tuhan atas selesainya penyusunan kamus ekonomi ini. Kamus ini saya susun terutama untuk membantu para siswa sekolah menengah agar dapat dengan cepat memahami istilah-istilah ekonomi sehingga memudahkan mereka dalam mempelajari ilmu ekonomi.

Sesuai dengan judulnya, kamus ini berisi kosakata, istilah, frasa, serta singkatan yang dikumpulkan dari buku-buku dasar ilmu ekonomi, terutama yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku bagi siswa sekolah menengah dalam bidang ilmu ekonomi. Akhir-akhir ini ekonomi syariah sedang digalakkan dalam masyarakat kita. Oleh karena itu, buku ini dilengkapi pula dengan istilah-istilah ekonomi dan keuangan syariah.

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Istilah “ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νóμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia terbatas. Maka dalam kehidupannya, manusia selalu didorong untuk berpedoman pada prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang di dalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu akan diperoleh hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

Melihat pentingnya ilmu ekonomi tersebut maka dipandang perlu menyusun suatu kamus istilah ekonomi sebagai referensi cepat dalam memahami istilah-istilah dalam ruang lingkup ilmu ekonomi. Kamus ini dirancang bagi pelajar sekolah menengah, namun dapat juga dipergunakan bagi para mahasiswa, guru, dan pembaca umum sebagai panduan dalam mencari arti istilah dalam ilmu ekonomi.

Pada bagian awalnya, terdapat petunjuk untuk menggunakan kamus ini. Petunjuk ini dimaksudkan agar para pembaca dapat menggunakan kamus ini dengan efektif. Entri-entri dipilih sesuai dengan materi pelajaran ekonomi yang diajarkan di SMA maupun MA. Setiap istilah didefinisikan segamblang mungkin dengan bahasa yang dapat dipahami oleh siswa sekolah menengah. Beberapa entri diberi contoh tambahan agar makna istilah dapat lebih tergambarkan.

Akhirul kalam, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu terbitnya buku ini, juga kepada para pengguna kamus ini. Kami sadar dengan ungkapan tak ada gading yang tak retak. Demikian pula dalam penyusunan kamus ini niscaya ada kekurangan-kekurangannya. Untuk itu, kritik dan saran kami harapkan dari para pembaca. Semoga kamus sederhana ini dapat menjadi rujukan yang berguna bagi para pelajar demi kemajuan bangsa.

Daftar Isi

1. Sampul
2. Pengantar Penulis
3. Daftar Isi
4. Petunjuk Penggunaan
5. A                                
6. B                                
7. C                                
8. D                                  
9. E                                
10. F                                  
11. G                              
12. H            
13. I
14. J
15. K
16. L
17. M
18. N
19. O
20. P
21. Q
22. R
23. S
24. T
25. U
26. V
27. W
28. X
29. Y
30. Z
31. Daftar Pustaka
32. Tentang Penulis