Suzuki SX4 S-Cross A/T

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 17/XXVI
15 September 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 17/XXVI

Suzuki seakan ingin bermain aman dan tak ingin punya lawan ketika meluncurkan SX4 S-Cross. Baik dari segi harga atau dimensi, plus fitur dan tenaga mesin

OTOMOTIF
Dulu ketika SX4 pertama diluncurkan, mau tak mau OTOMOTIF harus memasukkan crossover ini bersaing dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris, juga Mazda2 di akhir perjalanannya. Kini dengan bodi semakin besar dan lebar, sama dengan pendahulunya, SX4 S-Cross seperti tak punya lawan berarti di kelas hatchback berkat dimensinya yang bongsor. Dari segi harga, SX4 S-Cross masih harus melawan duo hatchback dari Honda dan Toyota ini. Selisihnya hanya terpaut sedikit di kisaran Rp 3 juta sampai Rp 6 juta dengan All New Jazz dan All New Yaris namun punya keunggulan bodi lebih besar.

Atau harus fight esktra-keras apabila ‘dinaikkan’ kelas untuk melawan Honda HR-V E CVT dan Nissan Juke, tapi punya keunggulan harga jauh lebih ekonomis dengan selisih mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 40 jutaan. Namun kalau hanya andalkan bodi besar, bertarung di kelas ini juga ‘sengit’. Setidaknya SX4 S-Cross kalah di tenaga yang pas-pasan, malah mirip dengan Jazz dan Yaris. Tapi setidaknya, calon customer punya opsi lain apabila menginginkan hatchback dengan kapasitas kabin ekstra-lega ala small SUV, tapi tak ingin mengeluarkan uang lebih daripada beli hatchback yang sudah keburu beredar saat ini.

fitur Lagi-lagi, Suzuki terlihat ingin tampil beda ketika SX4 S-Cross punya nilai jual lebih berkat fitur unik yang diusungnya. Membawa tema Gear to Explore, pemiliknya seakan diberi keleluasaan untuk membawa crossover ini kemanapun. clearance paling tinggi, yakni 180 mm dibanding pesaingnya di kelas hatchback yang rata-rata hanya sekitar 150 mm. Uniknya, SX4 S-Cross seakan ingin memanjakan pengemudi dengan fitur berlimpah. Misalkan saja fungsi triple turn signal, yang cukup menyentuhPaling kentara berkat ground sedikit tuas lampu sein untuk berpindah jalur. Belum lagi, setir yang punya pengaturan tilt dan telescopic sudah dilengkapi ragam tombol untuk kontrol audio, telepon, cruise control dan paddle shift. Yup, ini yang bikin perjalanan lebih seru untuk ke luar kota.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI