Tampilkan di aplikasi

SYM CruiSYM 300

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 91/XXVII
14 Februari 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 91/XXVII

Ini hasil tes dari skutik yang dijual Rp 78,850 juta ini. / Foto : Rizky

OTOMOTIF
S CruiSYM 300 YM atau Sanyang Motor, merupakan produsen motor asal Taiwan yang keberadaannya di Indonesia dipegang oleh PT. MForce Indonesia, selaku agen pemegang merek. Pada pertengahan Juni 2017 silam, mereka memperkenalkan varian CruiSYM 300 untuk pasar Indonesia.

Di pasar, motor ini sekelas dengan Yamaha XMAX. Dan meski sudah lama, OTOMOTIF baru bisa mengetesnya awal 2018 ini. Bagaimana impresi berkendara sehari-hari menggunakan skutik yang dijual Rp 78,850 juta OTR Jakarta ini? Apakah lebih menarik dari XMAX? Yuk simak ulasannya.

Pertama melihat CruiSYM 300 ini kesannya gambot namun sporty dengan banyaknya lekukan tajam. Bisa dilihat dari bodi depan yang meruncing dan terdapat dua lampu utamanya berukuran ideal, berisi dual proyektor ditemani DRL LED yang terang.

Yang aneh lampu seinnya malah mengotak, ukurannya kecil dan letaknya ada di batang spion, meski begitu pancaran cahayanya tetap terang. Terdapat juga windshield panjang sebagai perangkat wajib big scooter. Beberapa bagian bodi plastik hitamnya dikasih aksen karbon yang juga menambah aura sporty.

Jika dilihat dari samping, motor ini terlihat ‘cebol’ atau bantet, karena bodinya yang besar ditopang pelek diameter 14 inci lebar 3 inci untuk depan yang dibalut ban Maxxis 120/70-14, sementara belakang cuma 13 inci lebar 4 inci dengan ban berukuran 140/60-13. Joknya yang besar terlihat pendek di area pengendara dan memiliki jarak cukup tinggi dengan pembonceng.

Walau lampu utama sudah proyektor, sayangnya belum LED karena masih menggunakan bohlam 12 V 55 W, kelebihannya saat hujan pun tetap tampak terang. Meski begitu lampu lainnya sudah LED, seperti sein dan rem. Windshieldnya yang panjang bisa diatur posisinya, tapi hanya 1 tingkat, itu pun dengan cara memindahkan baut pemegang windshield. Jadi mirip Yamaha XMAX.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI