Tampilkan di aplikasi

Singa berotot baja

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 21-XXIX
3 Oktober 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 21-XXIX

Suzuki Caribian 2004

OTOMOTIF
Yup, Suzuki Caribian pakai ban 37 inci untuk off-road ekspedisi, boleh dibilang yang pertama di Tanah Air. Upgrade mobil ini pun tergolong ultimate, lantaran barang-barang yang digunakan berkelas high-end. Singa berbulu Caribian, bisa jadi istilah yang tepat untuk mobil dari tim Singa IOX ini.

Mobil bernomor lambung 198 ini tidak mau disebut identitas SINGA BEROTOT BAJA lengkap. Sebut saja sang pemilik dengan nama Mr.198. O iya sedikit bocoran, latar belakang pemilik Caribian ini adalah pecinta keluarga Toyota Land Cruiser loh.

Bergabung dengan komunitas GMB Prengus 4x4, jadi dorongan Mr.198 untuk beralih ke keluarga Jimny. “Biar kompak, jadi satu tim kita mobilnya sama semua pas berangkat off-road ekspedisi,” terangnya.

Begitu Caribian digenggaman, PERTAMA DI INDONESIA NIH! Karena harus menopang ban ukuran 37 inci dan bobot gambot selama off-road ekspedisi, gardan diganti pakai Toyota VX80. Paling unik adalah gardan belakangnya, karena sudah hybrid antara VX80 dan Prado.

Jadi, axle housing tetap pakai VX80 tapi bonggolnya custom dari Prado. Alasannya agar bisa substitusi part dengan kendaraan satu tim-nya yang pakai gardan Prado. Kelebihan lainnya, ground clearance jadi lebih tinggi.

Menanggung beban berat dengan konstruksi suspensi Fokus untuk off-road ekspedisi berdurasi panjang dan melewati medan ekstrem, mesin diesel dianggap paling cocok untuk kondisi tersebut.

Punya torsi besar, tidak rewel bahan bakar, dan ‘waterproof’. Itu jadi alasan Mr.198 ganti Toyota 1KZ-TE. Mesin diesel jenis ini, memang belakangan sedang ‘mewabah’ di kalangan off-roader.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI