Tampilkan di aplikasi

Si mungil irit

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 24-XXIX
24 Oktober 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 24-XXIX

Suzuki Karimun Wagon R

OTOMOTIF
Indonesia sejak bulan September 2013. Model ini diproduksi di dalam negeri, yakni di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi. Mobil ini hadir dengan 3 tipe: GA sebagai standar, GL, dan GS. Sempat ada model GX dan Dilago (GL dengan aksesori), namun umurnya tak berlangsung lama (hanya sampai 2014).

Secara desain wajah, varian GS berbeda dibandingkan varian lainnya. Ia punya headlamp, grill dan bumper yang berbeda. Karimun Wagon R mengusung mesin K10B berkapasitas 1.000 cc dengan 3 silinder. Saat OTOMOTIF melakukan pengetesan di tahun 2013, konsumsi bahan bakar saat kecepatan konstan dapat meraih angka 1 liter mencapai 22,2 kilometer, sedangkan untuk konsumsi dalam kota 1 liter mampu mencapai 16,5 kilometer.

Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam, menggunakan transmisi manual mencatat 13,3 detik. Sementara itu, untuk jarak 402 meter, dicatat 18,9 detik. Meski demikian, respons ketika berada dalam kemacetan cukup baik. Injak gas tak perlu terlalu dalam jika hanya ingin berpindah jalur saja. Koplingnya juga enteng, sehingga tak perlu berkeluh kesah kalau kaki kiri pegal.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI