Tampilkan di aplikasi

Undercarriage Cleaning, tak sekadar cuci kolong

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 31-XXIX
11 Desember 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 31-XXIX

Undercarriage cleaning / Foto : RENDY

OTOMOTIF
Semakin seringnya hujan belakangan ini, pertanda musim penghujan mulai tiba. Kalau Anda pencinta kebersihan mobil, saatnya lah untuk semakin rajin bebersih tunggangan kesayangan. Apalagi momen setelah hujan reda, pastinya banyak kotoran menempel bersama cipratan air terutama bagian bodi dan kolong mobil. “Setelah hujan, mobil sebaiknya segera dibilas dengan air. Sebab, jamur berkembang pesat dalam keadaan seperti ini (musim hujan, red),” terang Ricky Limarga, pemilik Clean N Tidy Serpong, Tangerang Selatan.

Selain menimbulkan jamur, kotoran yang menempel, terutama di bagian kolong mobil lama kelamaan, bisa menumpuk dan menimbulkan karat. “Terutama pada bagian-bagian pelat bodi yang tipis yang kadang tidak terlihat,” kata Ricky lagi. Mengcegah hal itu, Clean N Tidy punya paket perawatan kebersihan bagian kolong, yang disebut Undercarriage Cleaning.

Paket bersih-bersih ini ini beda dari paket cuci atau car wash pada umumnya, yang biasanya sudah sudah termasuk dengan cuci kolong atau undercarriage wash. Perawatan kebersihan pada bagian kolong atau biasa disebut undercarriage cleaning, dilakukan menggunakan shampo khusus dan degreaser atau perontok kotoran yang lengket.

Bagian-bagian di bawah mobil yang termasuk dalam paket perawatan biasanya seperti kaki-kaki meliputi peranti rem, pelek, ban, per dan sokbreker, hingga tangki dan pipa knalpot. “Namun untuk beberapa bagian yang sensitif seperti sensor-sensor, kita biasanya diskusikan dulu dengan pemilik mobilnya,” jelas Ricky. Lantaran termasuk dalam pekerjaan detailing, biasanya salon mobil macam Clean N Tidy Serpong, menggunakan kuas sebagai alat bantunya, terutama untuk bagianbagian yang sulit dicapai.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI