Tampilkan di aplikasi

Husqvarna black and white

Tabloid OTO PLUS - Edisi 22/XIV
22 November 2016

Tabloid OTO PLUS - Edisi 22/XIV

Tahun 2014 lalu, konsep desain Husqvarna Vitpilen 401 sebenarnya sudah pernah bocor. Kenyataannya, konsep yang dulu pernah nongol, tidak beda jauh dengan kenyataannya.

OTO PLUS
Tahun 2014 lalu, konsep desain Husqvarna Vitpilen 401 sebenarnya sudah pernah bocor. Kenyataannya, konsep yang dulu pernah nongol, tidak beda jauh dengan kenyataannya. Saat EICMA Motorcycle Show 2016 di Milan pekan lalu, Husqvarna Vitpilen 401 muncul dengan konsep resminya. Bahkan tidak sendirian. Vitpilen 401 mengajak ‘saudara kembarnya’ Svartpilen 401 sebagai pendamping. Istilah Vitpilen (Vit Pilen) dan Svartpilen (Svart Pilen) berasal dari bahasa Swedia. Vit Pilen berarti White Arrow dan Svart Pilen sama dengan Black Arrow.

Konsep dasar kedua tipe tersebut adalah Husqvarna versi pendahulunya, yakni Silver Pilen yang lahir tahun 1955. “Seri 401 bukan penjelmaan dari masa lalu. Semua adalah pengembangan desain,” terang Björn Shuster, senior designer Kiska. Sebagai tambahan, Kiska adalah studio desainer yang bekerja sama dengan Husqvarna untuk merancang Vit Pilen dan Svart Pilen. Secara garis besar, basic keduanya identik. Suspensi menggunakan sok upside-down WP dipadu dengan pelek 17 inci dan frame trellis ringan. Suplai mesinnya pun tidak beda. Dapur pacu single silinder 400 cc berpendingin cairan sebagai sumber tenaga. Powernya mencapai 43 dk dengan bobot total hanya 135 kg saja.

Husqvarna Vitpilen 401 dan Husqvarna Svartpilen 401 secara resmi akan ada di swhowroom pada musim gugur 2017 mendatang. Untuk pasar Amerika, masih belum ditentukan kapan akan beredar. Vitpilen 401 Husqvarna sangat yakin Vitpilen 401 akan sukses. “Ini adalah model bagaimana sebuah road bike terlihat simple dan asli,” lanjut Bjorn. Vitpilen didesain setengah sport. Nampak jelas dari posisi setang yang berada di bawah triple clamp (T atas). Demikian pula dengan dudukan headlamp yang berada pada triple clamp. Motor ini sudah dilengkapi dengan speedometer digital sehingga tampilannya tampak lebih moderen. Svartpilen 401 Svartpilen 401 lebih terkesan seperti motor off-road. Tampak jelas dari bagian kaki-kaki yang sudah dicangkok ban profil kasar.
Tabloid OTO PLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI