Tampilkan di aplikasi

Wahana rekreasi dan belajar tanaman

Majalah Peluang - Edisi 95
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 95

Selain urusan bercocok tanam, Balai Benih bisa juga jadi destinasi agrowisata. Di Sumatera Barat, tersedia berbagai wahana. Juga arena bermain anak. Masuk gratis. Pengetahuan pun didapat dengan cuma-cuma.

Peluang
Destinasi wisata ataupun rekreasi yang unik dan fungsional, salah satunya, adalah destinasi yang bisa didatangi untuk tujuan wisata sekaligus juga mendapat tambahan pengetahuan. Destinasi wisata seperti ini bisa dijumpai di beberapa tempat di Sumatera Barat. Salah satunya Balai Benih Induk Tanaman Padi, Palawija dan Hortikultura (BBI TPPH) di Lubuk Minturun, Kota Padang.

BBI TPPH adalah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar. UPTD yang digawangi oleh Elviana Anwar ini khususnya dibutuhkan masyarakat dalam penyediaan benih sumber, baik tanaman pangan maupun tanaman hortikultura. Di atas lahan seluas empat hektar, terhampar sajian pemandangan asri karena dihias berbagai tumbuhan dengan susuna apik yang menyejukkan mata.

Minat masyarakat mengunjungi BBI TPPH meningkat. Pengunjung berasal dari berbagai kabupaten dan kota di Sumbar, bahkan dari luar provinsi. “Kita tetap mengimbau agar masyarakat yang ingin berwisata, terutama agrowisata, datanglah ke sini. Petugas kami bisa mendampingi untuk berbagi ilmu tanaman,” terang Elviana.

“Kita tidak memungut bayaran. Pengunjung gratis masuk ke sini. Berdasarkan data Kami, hingga saat ini terjadi tiga ribu kunjungan dalam satu tahun, baik umum, pelajar, maupun mahasiswa,” ujar Kepala BBI TPPH Lubuk Minturun, Elviana Anwar, kepada PELUANG Visi balai ini adalah terwujudnya rumah tangga petani yang sejahtera melalui upaya peningkatan produksi dan produktivitas dengan menggunakan bibit unggul, sebagai salah satu area yang terbuka untuk umum.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI