Tampilkan di aplikasi

Buku Penamuda Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Dasar-Dasar Pemrograman

1 Pembaca
Rp 55.000 16%
Rp 46.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 138.000 13%
Rp 39.867 /orang
Rp 119.600

5 Pembaca
Rp 230.000 20%
Rp 36.800 /orang
Rp 184.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini terdiri dari beberapa bab, Bab pertama Pengenalan Dasar - Dasar Algoritma dan Pemograman, bab kedua Konsep Dasar Pemograman, bab ketiga Sejarah Flowchart, bab keempat Tipe Data, Operator dan Ekspresi, bab kelima Operasi Seleksi, bab keenam Operasi Perulangan, bab ketujuh Pengenalan Bahasa C/C++, bab kedelapan Pemograman Modular, bab kesembilan ARRAY, bab kesepuluh Struktur, bab kesebelas Pemograman Array Of Struct, bab kedua belas Pemograman Pencarian, bab ketiga belas Pemrograman Sorting, bab terakhir Pemograman Berbasis Objek.

Buku ini sangat membantu mahasiswa dan pemula untuk memahami pembuatan program dalam bahasa pemrograman C/C++. Selain itu, Buku ini juga membahas tentang konsep dasar pemrograman, sehingga memudahkan mahasiswa dan pemula membuat program sederhana. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan tentang Algoritma dan Flowchart sebagai materi dasar pembuatan program, sehingga program yang dibuat lebih terstruktur dan terarah sesuai dengan kebutuhan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Yuyun Khairunisa / Eri Mardiani / Nur Rahmansyah / Agus Ambarwari / Zuriati / Putri Ariatna Alia / Purwadi Budi Santoso / Nur Hayati / Erik Yohan Kartiko / Johan Suryo Prayogo / Yulifda Elin Yuspita / Agung Teguh Setyadi / Nurhafifah Matondang / Imanaji Hari Sayekti

Penerbit: Penamuda Media
ISBN: 9786230945908
Terbit: Agustus 2023 , 202 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini terdiri dari beberapa bab, Bab pertama Pengenalan Dasar - Dasar Algoritma dan Pemograman, bab kedua Konsep Dasar Pemograman, bab ketiga Sejarah Flowchart, bab keempat Tipe Data, Operator dan Ekspresi, bab kelima Operasi Seleksi, bab keenam Operasi Perulangan, bab ketujuh Pengenalan Bahasa C/C++, bab kedelapan Pemograman Modular, bab kesembilan ARRAY, bab kesepuluh Struktur, bab kesebelas Pemograman Array Of Struct, bab kedua belas Pemograman Pencarian, bab ketiga belas Pemrograman Sorting, bab terakhir Pemograman Berbasis Objek.

Buku ini sangat membantu mahasiswa dan pemula untuk memahami pembuatan program dalam bahasa pemrograman C/C++. Selain itu, Buku ini juga membahas tentang konsep dasar pemrograman, sehingga memudahkan mahasiswa dan pemula membuat program sederhana. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan tentang Algoritma dan Flowchart sebagai materi dasar pembuatan program, sehingga program yang dibuat lebih terstruktur dan terarah sesuai dengan kebutuhan.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji Syukur Kita ucapkan Kehadiran Alloh SWT atas segala nikmat dan karunianya untuk kita semua, berkat rahmat Alloh SWT yang maha kuasa akhirnya kami bisa menyelesaikan penyusunan Buku Dasar – Dasar Pemograman ini. Buku ini membahas tentang bahsa pemograman tingkat menengah yang sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami nantiknya. Buku ini juga bisa membantu untuk mengenal dasar – dasar Algoritma Pemograman berserta dengan contoh kasus penyelesaian sehingga bagi para pemula dapat menguasai pemograman ini dengan cepat dan mudah. Buku ini juga sangat cocok untuk mahasiswa dan pemula yang baru mempelajari dan ingin lebih menguasai pemograman khususnya pada program Bahasa C/C++. Materi buku ini dibuat melalaui beberapa tahap dan latihan untuk bisa mempercepat pemahaman bagi pengguna buku Dasar Pemograman ini.

Dalam kesempatan kali ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan banyak memberikan motivasi kepada kami sehingga buku ini dapat kami selesaikan dengan baik. Ucapan terimakasih khususnya kami ucapkan kepada kedua Orang tua kami yang terus berkontribusi dalam duni pendidikan dan selalu memotivasi agar kami selalu berkarya yang bisa bermanfaat bagi semua orang. Dan seluruh teman – teman yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Akhirnya dengan segala kerendahan hati kami sangat mengharapkan kriti dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca demi kesempurnaan buku ini sehingga lebih bermanfaat untuk kedepannya. Dan Semua pihak yang terkait yang telah banyak membantu akhirnya kmi berharap semoga buku ini bisa dipergunakan bagi orang banyak dan bermanfaat bagi para pembaca Buku Dasar Pemograman. Aamiin.

Penulis

Yuyun Khairunisa - Yuyun Khairunisa, M.Kom merupakan Dosen pengajar pada program studi Teknologi Permainan Politeknik Negeri Media Kreatif. Aktifitas sehari-hari selain mengajar dan menulis, juga aktif melakukan penelitian dan mengelola jurnal ilmiah Journal Of Multimedia and IT (Jommit).
Eri Mardiani - Eri Mardiani, S1 Sistem Informasi di UPN Veteran Jakarta, S2 Ilmu Komputer di STMIK Nusa Mandiri, cukup aktif menulis dan beberapa karya tulisnya telah termuat di salah satu di media massa di Jakarta dan saat ini sebagai dosen di beberapa Perguruan Tinggi, Dosen di Universitas Nasional, saat ini menjabat sebagai Sekretaris ICT Research Center FTKI di Universitas Nasional serta entrepreneur shop and travel.
Nur Rahmansyah - Nur Rahmansyah., S.Kom., M.Kom., Menempuh Pendidikan S1 Sistem Informasi di STMIK Nusa Mandiri Jakarta, kemudian melanjutkan S2 Ilmu Komputer di Universitas Budi Luhur. Aktif menulis sejak tahun 2011 beberapa karya telah dihasilkan dalam bentuk buku & jurnal yang telah terbit diantaranya penerbit Gramedia / Elex Media Komputindo dan di beberapa jurnal nasional serta internasional. Selain menulis saat ini bekerja sebagai Dosen di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta mengajar Animasi, Design, Video Editing dan beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan Ilmu Komputer
Agus Ambarwari - Agus Ambarwari lahir di Nganjuk–Jawa Timur, pada 8 Agustus 1992. Penulis mendapatkan gelar sarjana Pendidikan Teknik Informatika dari Universitas Negeri Malang pada tahun 2014. Gelar Magister Ilmu Komputer diperoleh dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 2017. Saat ini, penulis berprofesi sebagai dosen di Politeknik Negeri Lampung. Bidang penelitian yang ditekuni adalah Image Processing, Internet of Things, dan Machine Learning.
Zuriati - Lahir di kota Duri Provinsi Riau pada 3 Juni 1970. Meraih gelar S1 dari Departemen Teknik Komputer Universitas Gunadarma pada 1994. Pada tahun 2012, meraih gelar S2 dari Departemen Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor. Saat ini menjadi dosen di Politeknik Negeri Lampung pada program studi Teknologi Rekayasa Internet.

Penulis dapat dihubungi melalui email : zuriati_mi@polinela.ac.id.
Putri Ariatna Alia - Putri Ariatna Alia lahir pada hari selasa tanggal 5 juli 1994 di Surabaya provinsi Jawa Timur.

Penulis telah menyelesaikan pendidikan S2 Teknik Elektro dengan Konsentrasi Teknik Telematika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan D4 Teknik Elektro konsentrasi Teknik Telekomunikasi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Purwadi Budi Santoso - Purwadi Budi Santoso, Lahir di kota Magelang pada tanggal 16 Desember 1968. Menyelesaikan studi S1 di Jurusan Matematika program Studi Ilmu Komputer UGM Yogyakarta tahun 1992.

Pada tahun 2000 menyelesaikan studi Pasca Sarjana program Magister Informatika bidang Rekayasa Perangkat Lunak di ITB Bandung. Menjadi dosen jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknologi Mandala (STT Mandala) Bandung sejak tahun 1993 sampai sekarang.
Nur Hayati - Dosen Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasioanal Penulis lahir di Jakarta tanggal 16 Juni 1984.

Penulis menyelesaikan pendidikan S1 pada jurusan Matematika, Universitas Nasional dan S2 pada jurusan Magister Teknologi Informasi, Universitas Indonesia. Penulis melanjutkan studi S3 pada jurusan Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor.

Penulis mulai mempelajari pemrograman sejak kuliah S1 mulai dari pemrograman Basic, Pascal, C/C++, C#, VB.Net, Java, Python, dan lain-lain. Beberapa penelitian terkait dengan implementasi pemrograman sudah dipublikasikan dalam bentuk jurnal.
Erik Yohan Kartiko - Erik Yohan Kartiko, lahir di kota malang pada tanggal 29 Desember 1995.

Menyelesaikan studi Sarjana Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang pada tahun 2018. Pada tahun 2022 menyelesaikan studi Magister Ilmu Komputer di Universitas Brawijaya. Bekerja dalam dunia Pendidikan mulai tahun 2018.
Johan Suryo Prayogo - Johan Suryo Prayogo, S.Kom., M.T., seorang Dosen prodi Sistem Informasi di Universitas Anwar Medika. Mengambil studi Strata 1 Teknik Informatika di Universitas Surabaya (UBAYA) serta melanjutkan program Magister Teknik Informatika di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Penulis yang memiliki kegemaran membaca dan mempelajari sesuatu yang baru khususnya bidang UI/UX dan web development tersebut saat ini memiliki sepasang putra dan putri dari seorang istri bernama Sofie Ayuningtyas. Besar harapan penulis dengan terbitnya buku ini menjadi sarana bagi mahasiswa dan masyarakat umumnya untuk mempelajari pemrograman menggunakan bahasa C/C++ dengan lebih menyenangkan.
Yulifda Elin Yuspita - Yulifda Elin Yuspita, M.Kom. yulifdaelinyuspita@uinbukittinggi.ac.id Dosen Ilmu Komputer Penulis lahir di Gumarang, 22 Desember 1991.

Penulis menyelesaikan pendidikan S1 pada Jurusan Sistem Informasi pada Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. kemudian menyelesaikan studi S2 pada Jurusan Ilmu Komputer di Universitas Putra Indonesia “YPTK Padang”.

Penulis adalah Dosen Tetap pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Penulis aktif melakukan penelitian yang berkaitan tentang Ilmu Komputer diantaranya Pengaruh Desain Media Pembelajaran dengan Program Adobe Flash CS 6 untuk Belajar Berhitung (2021), Selection Of Internet Provider To Improve Quality Of Service And Learning Using Decision Support System (2022), Decision-Making System for KIP IAIN Bukittinggi Scholarship Recipients Using the SAW and TOPSIS Methods (2022), Sistem Informasi Pusat Pengaduan Pelayanan Masyarakat. Menggunakan Work System Framework (2022), Sistem Informasi Consultation Online Menggunakan Bahasa Pemograman PHP dan Database MySQL (2023).
Agung Teguh Setyadi - Agung Teguh Setyadi, S.Kom., M.Kom. lahir pada tanggal 26 September 1995 di Malang. Penulis telah meyelesaikan studi sarjana pada jurusan S1 Teknik Informatika ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya (2013- 2018) dan magister pada jurusan S2 Teknik Informatika ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya (2019-2021) dengan mengambil konsentrasi bidang ilmu data science. Saat ini penulis berkerja sebagai dosen di jurusan S1 Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Anwar Medika. Penulis dapat dihubungi melalui email: agung.teguh.setyadi@gmail.com.
Nurhafifah Matondang - Nurhafifah Matondang merupakan dosen tetap Program Studi D3 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta. Penulis mengampu mata kuliah Analisis Perancangan Sistem, Big Data Analytics, Sistem Basis Data, Struktur Data, Matematika Disktrit, Machine Learning dan Technopreneurship. Telah menempuh pendidikan S-1 Teknik Informatika di UPN Veteran Jakarta dan S-2 Manajemen di UPN Veteran Jakarta, S-2 Teknik Informatika di Universitas Bina Nusantara. Penulis juga aktif melakukan penelitian dibidang machine learning dan sistem informasi dan pengabdian pemasaran menggunakan media digital.
Imanaji Hari Sayekti - Imanaji Hari Sayekti, S.Pd., M.Pd. sejak 2013 mulai berkarir di dunia pendidikan dan industri software development. Ia menyelesaikan program sarjananya di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2013. Kemudian pada tahun 2014 melanjutkan pendidikan magisternya di kampus yang sama yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dan selesai pada tahun 2016. Selama menjalani pendidikan magisternya sampai dengan buku ini ditulis ia terjun langsung di dunia pendidikan maupun industri software house. Dalam kesehariannya ia bekerja sebagai staf pengajar di suatu kampus di Kebumen sekaligus sebagai team programmer pada instansi pemerintah di Kebumen. Ia memiliki kemampuan yang ideal dalam hal pendidikan maupun industri karena memiliki latar belakang dan pengalaman sebagai pengajar sekaligus sebagai programmer selama kurang lebih 10 tahun terakhir. Bagi pembaca yang ingin bertukar pikiran dengan penulis bisa menghubunginya melalui email di imanajihari@gmail.com.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pengenalan Dasar Dasar Algoritma Pemrograman
     Ciri Algoritma
     Kriteria Pemilihan Dalam Algoritma
     Tahapan Analisa Algoritma
     Analisis Suatu Algoritma
     Sifat-Sifat Algoritma
Bab 2 Konsep Dasar Pemrograman
     2.1 Pengertian Algoritma
     2.2 Fungsi Algoritma
     2.3 Struktur Algoritma
     2.4 Efisiensi Algoritma
Bab 3 Sejarah Flowchart
     Pengertian Flowchart
     Tujuan Flowchart
     Jenis Flowchart
     Pedoman membuat flowchart
     Simbol flowchart
     Flowchart terdiri dari tiga struktur
     Aplikasi Pembuatan Diagram Flowchart
     Contoh Flowchart
Bab 4 Tipe Data, Operator Dan Ekspresi
     4.1 Set Karakter dalam Bahasa C
     4.2 Identifiers dan Keywords
     4.3 Tipe Data
     4.4 Variabel
     4.5 Konstanta
     4.6 Ekspresi dan Operator
Bab 5 Operasi Seleksi
     5.1 Pengertian Operasi Seleksi
     5.2 Statemen IF
     5.3 Statemen SWITCH-CASE
Bab 6 Operasi Perulangan
     For
     While
     Do while
Bab 7 Pengenalan Bahasa C/C++
     Sekilas C/C++
     Compiler C/C++
     Manfaat/kegunaan
     Struktur Program C
     Struktur Program C++
     Cara membuat program
     Secara algoritma
     Bentuk Flowchart
     Bentuk program C
     Bentuk program CPP
Bab 8 Pemrograman Modular
     1. Pendahuluan
     2. Pemrograman Modular Pada C
     3. Struktur Fungsi
     4. Jenis-jenis Fungsi C
     5. Latihan
     6. Soal Latihan
Bab 9 Array
     Deklarasi Array
     Menampilkan isi dalam array
     Memasukkan nilai pada array
     Array 2 Dimensi
     Deklarasi Array 2 Dimensi
     Inisialisasi Array 2 Dimensi
     Menampilkan Elemen Array 2 Dimensi
     Menampilkan Elemen Array 2 Dimensi dengan Looping
     Memasukkan nilai pada array
     Pembuatan coding array 1 dan 2 dimensi
Bab 10 Struktur
     Inisialisasi Struktur
     Mengakses member Struktur
Bab 11 Pemrograman Array Of Struct
     1. Pendahuluan Pemograman Array of Struk
     2. Struktur data dalam Pemograman
     3. Array dalam Pemograman
     4. Array Of Struct Dalam Pemograman
Bab 12 Pemrograman Pencarian
     A. Pengertian Algoritma Pencarian
     B. Istilah-Istilah dalam Algoritma Pencarian
     C. Karakteristik Algoritma Pencarian
     D. Jenis-Jenis Algoritma Pencarian
     E. Pencarian Linier
     F. Pencarian Biner
Bab 13 Pemrograman Sorting
     1. Tujuan mempelajari Algoritma Sorting
     2. Pendahuluan
     3. Manfaat Metode Sorting
     4. Jenis Metode Sorting
Bab 14 Pemrograman Berbasis Objek
     A. Pendekatan Berorientasi Objek
     B. Mengapa menggunakan UML?
     C. Pemrograman Berorientasi Objek dengan JAVA
     D. Prinsip-Prinsip Orientasi Objek
     E. Implementasi Pemrograman Berbasis Objek
Tentang Penulis
Daftar Pustaka