Tampilkan di aplikasi

Buku Penamuda Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Perancangan Aplikasi Mobile

1 Pembaca
Rp 55.000 15%
Rp 46.570

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 139.710 13%
Rp 40.361 /orang
Rp 121.082

5 Pembaca
Rp 232.850 20%
Rp 37.256 /orang
Rp 186.280

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Perancangan aplikasi mobile melibatkan proses merencanakan, mendesain, dan mengembangkan aplikasi yang dapat dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Proses perancangan aplikasi mobile dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan tujuan aplikasi. Kemudian, dilakukan penelitian pasar dan analisis kompetitor untuk memahami tren terkini dan memastikan aplikasi yang dirancang memiliki keunggulan yang membedakannya.

Setelah itu, dilakukan tahap perancangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang melibatkan pembuatan wireframe, prototipe, dan desain visual aplikasi. Aspek-aspek seperti navigasi, tata letak, warna, dan ikon akan diperhatikan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang intuitif dan menarik.

Setelah perancangan UI/UX selesai, dilakukan pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman dan platform pengembangan yang relevan. Pengujian aplikasi juga dilakukan untuk memastikan fungsionalitas, keamanan, dan kinerja yang baik.

Terakhir, aplikasi mobile siap untuk diluncurkan ke toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Setelah peluncuran, perlu dilakukan pemantauan dan pembaruan rutin untuk memperbaiki bug, meningkatkan fitur, dan memenuhi kebutuhan pengguna yang berkembang.

Perancangan aplikasi mobile memerlukan kolaborasi antara pengembang, desainer UI/UX, dan tim pemasaran untuk menciptakan aplikasi yang sukses dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Radinal Setyadinsa / Darmawan Aditama / Etza Nofarita / Yuvi Darmayunata / Didik Siswanto / Rofi Abul Hasani / Fitri Wibowo / Suheri / Safri Adam / Ferry Faisal
Editor: Nanny Mayasari

Penerbit: Penamuda Media
ISBN: 9786238888474
Terbit: Januari 2024 , 153 Halaman










Ikhtisar

Perancangan aplikasi mobile melibatkan proses merencanakan, mendesain, dan mengembangkan aplikasi yang dapat dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Proses perancangan aplikasi mobile dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan tujuan aplikasi. Kemudian, dilakukan penelitian pasar dan analisis kompetitor untuk memahami tren terkini dan memastikan aplikasi yang dirancang memiliki keunggulan yang membedakannya.

Setelah itu, dilakukan tahap perancangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang melibatkan pembuatan wireframe, prototipe, dan desain visual aplikasi. Aspek-aspek seperti navigasi, tata letak, warna, dan ikon akan diperhatikan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang intuitif dan menarik.

Setelah perancangan UI/UX selesai, dilakukan pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman dan platform pengembangan yang relevan. Pengujian aplikasi juga dilakukan untuk memastikan fungsionalitas, keamanan, dan kinerja yang baik.

Terakhir, aplikasi mobile siap untuk diluncurkan ke toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Setelah peluncuran, perlu dilakukan pemantauan dan pembaruan rutin untuk memperbaiki bug, meningkatkan fitur, dan memenuhi kebutuhan pengguna yang berkembang.

Perancangan aplikasi mobile memerlukan kolaborasi antara pengembang, desainer UI/UX, dan tim pemasaran untuk menciptakan aplikasi yang sukses dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
erancangan aplikasi mobile telah menjadi area yang semakin penting dalam dunia teknologi saat ini. Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone dan tablet, aplikasi mobile telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Perancangan aplikasi mobile melibatkan proses kreatif dan strategis untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan fungsional. Dalam era yang penuh dengan persaingan, aplikasi yang dirancang dengan baik dapat menjadi pembeda yang kuat di pasar yang sibuk.

Melalui pemikiran desain yang inovatif, perancangan aplikasi mobile dapat mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, berbelanja, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan antarmuka pengguna yang intuitif, desain visual yang menarik, dan fitur yang relevan, aplikasi mobile dapat memberikan solusi yang efisien dan menyenangkan bagi penggunanya.

Pvi Dalam buku ini, kami akan membahas konsep, metodologi, dan prinsip-prinsip perancangan aplikasi mobile yang efektif.

Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan dalam perancangan aplikasi mobile mulai dari pemahaman kebutuhan pengguna hingga implementasi desain yang akhir. Kami juga akan membahas tren terbaru dalam desain aplikasi mobile dan bagaimana membuat aplikasi yang responsif dan mudah digunakan di berbagai platform.

Semoga buku ini menjadi sumber inspirasi dan panduan yang berguna bagi para perancang aplikasi mobile. Dengan pemahaman yang baik tentang perancangan aplikasi mobile, diharapkan kita dapat menciptakan aplikasi yang bermanfaat, menyenangkan, dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Penulis

Radinal Setyadinsa - Radinal Setyadinsa, S.Pd., M.T.I merupakan seorang PNS dosen Sarjana Informatika di Universitas Pembangunan Nasional ‛Veteran‛ Jakarta (UPNVJ). Penulis dilahirkan di Jakarta. Penulis menempuh pendidikan S1 Pendidikan Teknik Elektronika di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) (lulus tahun 2012) dan S2 Magister Teknologi Informasi di Universitas Indonesia (UI) (lulus tahun 2018).
Darmawan Aditama - Dengan berlatar belakang Pendidikan mulai dari S1 Teknik Informatika dan S2 Jaringan Cerdas Multimedia Bidang Keahlian Game Technology di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Merupakan salah satu penulis dari buku ini yang berfokus untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana Operasi Control Unit dapat melakukan kontrol pada instruksi yang diberikan kepada computer, baik interuksi yang tersimpan di memori maupun instruksi yang diberikan dari alat input atau output device.
Etza Nofarita - Lulus S1 Teknik Industri Universitas Bung Hatta Padang pada Tahun 1998., Lulus S2 Magister Ilmu Komputer di Universitas Putra IIndonesia ‚UPI ‚ YPTK Padang pada Tahun 2013. Saat ini adalah Dosen Tetap Program studi Teknik Komputer di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Kosgoro (AMIK Kosgoro) dari Tahun 2014 sampai saat ini.
Yuvi Darmayunata - Saat ini penulis mengajar disalah satu perguruan tinggi swasta di Riau. Penulis mulai mengajar dan menjadi dosen sejak tahun 2017 hingga sekarang. Penulis senang dengan ilmu yang berbasis tekonologi dan jaringan.
Didik Siswanto - Seorang tenaga pendidik di prody Teknik informatika fakultas Ilmu Komputer, Universitas Lancang Kuning. Pekanbaru – Riau, yang telah mendedikasikan dirinya di bidang akademik sejak tahun 2007 hingga saat ini, serta banyak melakukan penelitian-penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta saat ini penulis juga aktif dalam karya tulisan jurnal international di penerbit paper terakreditasi.
Rofi Abul Hasani - Seorang dosen teknik informatika Universitas Muhammadiyah Magelang. Saat ini mengajar matakuliah dibidang mobile programming.

email :rofiabul@unimma.ac.id
Fitri Wibowo - Seorang dosen di Politeknik Negeri Pontianak. Ia memperoleh gelar master double degree di bidang Teknik Elektro dari Universitas Indonesia dengan spesialisasi Multimedia dan Jaringan Informasi serta Université Bretagne-Sud, Perancis. Selain sertifikasi di bidang pemrograman mobile, ia juga memiliki sertifikasi di bidang Internet of Things, pemrograman Python, sistem administrasi Linux, hingga pengembangan aplikasi web.

Sebagai prakti si di bidang pendidikan dan penelitian, ia ingin berbagi pengetahuan tentang teknologi terbaru kepada pembaca melalui tulisan ini. Ia berharap buku yang ditulisnya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
Suheri - Meraih gelar Sarjana pada Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada tahun 2007, dan pada tahun 2017 mendapatkan gelar Master of Computer Science pada Program Studi Ilmu Komputer di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Sejak tahun 2009, Penulis meniti karir sebagai dosen di Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Pontianak, dan berpengalaman mengampu mata kuliah Algoritma Pemrograman, Pemrograman Terstruktur (Pemrograman 1), Pemrograman Visual (Pemrograman 2), Pemrograman Berorientasi Objek (Pemrograman 3), Pemrograman Mobile (Pemrograman Aplikasi Bergerak/ Pemrograman 4). Sampai saat ini, penulis berspesialisasi pada bidang pemrograman, baik berbasis desktop,141 web, maupun mobile. Penulis dapat dihubungi melalui e-mail di suheri@polnep.ac.id atau suheri.polnep@gmail.com.
Safri Adam - Seorang dosen di Program Studi Teknik Informatika Pol iteknik Negeri Pontianak. Penulis adalah lulusan S1 Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada tahun 2016 dan lulus S2 di Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada tahun 2020. Selain mengajar dan mengampu mata kuliah pemrograman mobile menggunakan flutter, meneliti dan mengabdi, penulis masih aktif sebagai programmer mengerjakan project IT. Fokus bidang penelitian penulis yaitu dibidang data mining, computer vision, machine learning, dan web programming. Berbekal pengalaman sebagai senior programmer pada tahun 2016-2017, maka penulis menulis buku perancangan aplikasi berbasis mobile menggunakan framework flutter. Melalui buku ini diharapkan pembaca dapat belajar mobile programming menggunakan framework flutter sebagai pemula. Penulis dapat dihubungi via whatsapp 081258811801, email: safriadam@polnep.ac.id
Ferry Faisal - Seorang ahli dalam bidang Teknik Informatika dan Software Engineering yang meraih gelar Magister pada tahun 2011 dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat ini, beliau menekuni karirnya sebagai seorang dosen di Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Pontianak.142 Dengan pengalaman mengajar selama lebih dari 10 tahun, Penulis telah menyumbangkan pengetahuannya, dengan mengampu beberapa mata kuliah antara lain: Rekayasa Perangkat Lunak, Web Design, dan Web Programming. Keahliannya dalam dunia pemrograman web dan mobile telah diakui dan mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk bidang Web Programming dan Mobile Programming.

Daftar Isi

Cover Depan
Balik Halaman Judul
Kolovon
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pemahaman Dasar Tentang Mobile Aplikasi
     A. Dasar-Dasar Mobile Aplikasi
     B. Peran Mobile Aplikasi dalam Era Digital
     C. Klasifikasi Mobile Aplikasi
     D. Arsitek Dasar Mobile Aplikasi
     E. Peran Penting Desain User Interface (UI)
Bab 2 Perancangan dan Instalasi Flutter
     A. Sejarah Flutter
     B. Instalasi Flutter
Bab 3 Memahami Widget dalam Fullter
     A. Pengenalan ke Widget
     B. Hierarchy Widget
     C. Widget Dasar
     D. Pembuatan Widget Kustom
     E. Animasi dengan Widget
     F. Hot Reload
     G. Pengujian Widget
Bab 4 Pemahaman Navigation dan Routing
     A. Pengertian Navigation dan Routing
     B. Definisi Navigasi
     C. Prinsip Navigasi
     D. Pengertian Routing
     E. Jenis-Jenis Routing
     F. Navigasi Antar Routing
     G. Mendefinisikan Parameter Rute
     H. Implementasi Navigation dan Routing
     I. Kesimpulan Router dan Navigator
Bab 5 Implementasi Name Routw dalam Pengembangan Aplikasi Web Modern
     A. Konsep Dasar Name Route
     B. Implementasi Name Route
     C. Metodologi Implementasi
     D. Studi Kasus
     E. Peningkatan Keterbacaan Kode
     F. Tantangan dan Solusi
     G. Pelatihan dan Dokumentasi
Bab 6 Praktik Lisview, Card, Stack dan Gridview
Bab 7 Navigation Drawer dan Bottom Navigation Bar
     A. Navigation Drawer
     B. Bottom Navigation Bar
Bab 8 Penggunaan Page Storage
     A. Pengenalan Page Storage
     B. Penggunaan Page Storage
     C. Implementasi Pada Stateless Widget
     D. Implementasi Pada Stateful Widget
Bab 9 Form Pada Flutter
     A. Text Field
     B. Checkbox
     C. Radio
     D. Membangun Form Dengan Validasi
     E. Menambahkan Text Form Field Dengan Logika Validasi
     F. Membuat Tombol Untuk Validasi dan SUbmit Form
     G. Mengirimkan dan Mengambil Data dari Form Field
Bab 10 Manajemen Layout
     A. Pengenalan Layout di Flutter
     B. Struktur Layout dan WIdget Tree
     C. Tipe-Tipe Layout Widgets
     D. Container dan Dasar Pengaturan Layout
     E. Layout Harizontal (Row) dan Vertikal (Column)
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Cover Belakang