Tampilkan di aplikasi

Buku Penamuda Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Arsitektur dan Organisasi Komputer

1 Pembaca
Rp 55.000 13%
Rp 47.680

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 143.040 13%
Rp 41.323 /orang
Rp 123.968

5 Pembaca
Rp 238.400 20%
Rp 38.144 /orang
Rp 190.720

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini merupakan kolaborasi penulis dalam bentuk book chapter dengan memberikan penganalın dan pemahaman konsep teoritis terkait Arsitektur dan Organisasi Komputer. Fokus arsitektur komputer yaitu hubungan antara elemen perangkat keras yang membentuk sistem komputer. Fokus organisasi komputer yaitu struktur dan perilaku sistem komputer seperti yang dilihat oleh pengguna. Arsitektur dan organisasi komputer berfungsi sebagai mediator antara perangkat lunak dan perangkat keras. Pembaca akan memperoleh pengetahuan terkait

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi dan ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen praktisi, peneliti dan pihak yang ingin memperdalam Arsitektur dan organisasi komputer. Buku ini dapat menjadi referensi dan bahan ajar mata kuliah Arsitektur dan organisasi komputer serta mata kuliah terkait lainnya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Yulifda Elin Yuspita / Asrul Sani / Miftahul Jannah / Yuniana Cahyaningrum / Diana / Yudo Devianto / I Kadek Arya Sugianta / Heru Budianto / Noni Rahmawati / Meidar Hadi Avizenna / Novi Aryani Fitri / Darmawan Aditama / Yutika Amelia Effendi
Editor: Artika Arista

Penerbit: Penamuda Media
ISBN: 9786230971044
Terbit: Desember 2023 , 209 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini merupakan kolaborasi penulis dalam bentuk book chapter dengan memberikan penganalın dan pemahaman konsep teoritis terkait Arsitektur dan Organisasi Komputer. Fokus arsitektur komputer yaitu hubungan antara elemen perangkat keras yang membentuk sistem komputer. Fokus organisasi komputer yaitu struktur dan perilaku sistem komputer seperti yang dilihat oleh pengguna. Arsitektur dan organisasi komputer berfungsi sebagai mediator antara perangkat lunak dan perangkat keras. Pembaca akan memperoleh pengetahuan terkait

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi dan ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen praktisi, peneliti dan pihak yang ingin memperdalam Arsitektur dan organisasi komputer. Buku ini dapat menjadi referensi dan bahan ajar mata kuliah Arsitektur dan organisasi komputer serta mata kuliah terkait lainnya.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku Arsitektur dan Organisasi Komputer dapat dipublikasikan dan dapat sampai dihadapan pembaca. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait Arsitektur dan Organisasi Komputer. Sistematika buku ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis.

Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, beberapa bab diantaranya Sejarah Perkembangan Komputer dan Fungsi dari Sistem Komputer, Komponen-komponen Sistem Komputer, Operasi Aritmatika dan Logika, Prinsip Kerja Sistem Memori dalam Komputer, Proses Kerja CPU, Cara Kerja I/O dan DMA dalam Komputer, Prinsip Kerja Struktur Interkoneksi Komputer, Konsep dan fungsi Reduced Instruction Set Computer (RISC), Konsep dan Funsi Pipeline, Operasi Unit Control, Chipset Komputer, dan Implementasi Gerbang Logika.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Allah Yang Maha Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini secara khusus kepada Penamuda media. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Yulifda Elin Yuspita - Yulifda Elin Yuspita, M.Kom. yulifdaelinyuspita@uinbukittinggi.ac.id Dosen Ilmu Komputer Penulis lahir di Gumarang, 22 Desember 1991.

Penulis menyelesaikan pendidikan S1 pada Jurusan Sistem Informasi pada Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. kemudian menyelesaikan studi S2 pada Jurusan Ilmu Komputer di Universitas Putra Indonesia “YPTK Padang”.

Penulis adalah Dosen Tetap pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Penulis aktif melakukan penelitian yang berkaitan tentang Ilmu Komputer diantaranya Pengaruh Desain Media Pembelajaran dengan Program Adobe Flash CS 6 untuk Belajar Berhitung (2021), Selection Of Internet Provider To Improve Quality Of Service And Learning Using Decision Support System (2022), Decision-Making System for KIP IAIN Bukittinggi Scholarship Recipients Using the SAW and TOPSIS Methods (2022), Sistem Informasi Pusat Pengaduan Pelayanan Masyarakat. Menggunakan Work System Framework (2022), Sistem Informasi Consultation Online Menggunakan Bahasa Pemograman PHP dan Database MySQL (2023).
Yuniana Cahyaningrum - Mengajar di Kampus IKIP PGRI Bojonegoro Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi sejak tahun 2022 hingga saat ini. Selain aktif mengajar, saya juga menjadi Editor dan Reviewer di beberapa Jurnal Nasional. Beberapa publikasi yang telah dilakukan dapat diakses pada Google Scholar dengan link berikut : https://scholar.google.com/citations?user=w9zi_-IAAAAJ&hl=en maupun Sinta pada link : https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6830653.

Berbekal aktif dalam berorganisasi semasa kuliah, saat ini saya juga masuk dalam Anggota sekaligus Pengurus Asosiasi Profesi Telekomunikasi dan Informatika Indonesia (APTII) dalam Divisi bidang Publikasi. Dalam rangka menjalin kolaborasi dengan dosen-dosen dari beberapa Perguruan Tinggi, saya sebagai Koordinator dalam Penulisan Bookchapter Arsitektur dan Organisasi Komputer ini berharap mampu menjalin komunikasi aktif antar dosen dalam penulisan kolaborasi yang berkelanjutan.

Sebagai pengantar pada bagian awal buku ini saya akan membahas mengenai Sejarah Perkembangan Komputer dan Fungsi dari Sistem Komputer.
Diana - Penulis menempuh pendidikan sarjana program studi Teknik Informatika di UPN ‚Veteran‛Jakarta pada tahun 2001 dan melanjutkan studi program Magister Ilmu Komputer di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2010. Penulis mengabdikan diri untuk mengajar dengan diangkat sebagai Dosen Tetap Yayasan di program studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Yudo Devianto - Menyelesaikan masternya dalam bidang ilmu komputer pada tahun 2015 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Budi Luhur.

Saat ini menjalankan tugasnya sebagai dosen di Universitas Mercu Buana, dengan spesifikasi bidang ilmu komputer dengan pengalaman lebih dari 7 tahun dalam bidang pendidikan maupun penelitian dengan fokus pada bidang ilmu komputer. Ada lebih dari 30 karya ilmiah yang telah diterbitkan dalam jurnal Nasional maupun Internasional, dan terdapat prosiding terindeks Scopus. Kini terlibat aktif dalam beberapa kolaborasi penelitian dengan peneliti nasional.

https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6004827/, https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=_k8JG3MAAAAJ, https://orcid.org/0000-0002-7197-5687, https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57210972384, https://www.webofscience.com/wos/author/record/O-2345-2018
I Kadek Arya Sugianta - Menyelesaikan pendidikan Sarjana Komputer di ITB Stikom Bali dan Magister Komputer di Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini bertugas sebagai Dosen Informatika di Universitas Bali Internasional. Pengalaman menjadi seorang guru, membuat penulis aktif dalam kegiatan pelatihan digitalisasi dalam dunia pedidikan.

Penulis juga aktif dalam asosisi informatika dan forum komunikasi dosen. Saat ini penulis adalah Koordinator Program Studi Informatika Universitas Bali Internasional.
Heru Budianto - Memulai karir sebagai dosen di tahun 2011 dan hingga sekarang tercatat sebagai Dosen Tetap di Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan. Saya lahir di kuningan pada 30 Januari 1987. Pada tahun 2009 saya menyelesaikan pendidikan Diploma IV dan meraih gelar Sarjana Sains Terapan di bidang Elektronika Instrumentasi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir BATAN-Yogyakarta. Pada tahun 2015 meraih gelar Magister Rekayasa Sistem Informasi di STMIK LIKMI Bandung.

Selain itu aktif juga dalam melaksanakan kewajibanya sebagai dosen (Pengajaran, Penelitian dan pengabdian) dan tugas tambahan sebagai Kepala Program Studi Sistem Informasi S1 serta pengelola jurnal Cloud Informatioan serta aktif menulis berbagi jurnal. Buku ini adalah buku perdana yang diterbitkan berupa Book Chapter Arsitektur dan Organisasi Komputer yang di terbitkan oleh Penamuda Media tahun 2023
Noni Rahmawati - Mengajar di kampus Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama(ITS NU) Jambi progam Studi Sistem Informasi sejak tahun 2020 sampai saat ini dan sebagai tuton di Universitas Terbuka, saya memiliki beberapa artikel dari penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan bersama teman-teman dosen baik dari dosen dalam kampus maupun dosen di luar kampus yang dapat di lihat link: https://scholar.google.com/citations?view_op=list_works&hl=id& hl=id&user=uXD2V1wAAAAJ. Pada buku ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Apa itu Pipeline, Data Pipeline, Konsep dan Fungsi Pipeline itu sendiri. Semua materi saya ambil dari berbagai sumber baik dari artikel jurnal, dan website.
Meidar Hadi Avizenna - Seorang dosen di Universitas Muhammadiyah Magelang, mengajar di Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi. Merupakan Lulusan S2 Magister Teknologi Informasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) serta S1 Teknik Informatika Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Novi Aryani Fitri - Seorang dosen di Program Studi Teknik Informatika Politekniik Negeri Pontianak. Penulis adalah lulusan S1 Teknik Elektro Universitas Tanjungpura Pontianak pada tahun 2014 dan lulus S2 di Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada tahun 2019. Penulis memiliki minat bidang penelitian yaitu Networking and Network Security. Berbekal pengalaman tersebut, penulis menulis buku ini yang merupakan tulisan pertama yang ditulis dalam bentuk buku. Berbekal pengalaman mengerjakan penelitian dan pengajaran di kampus, penulis menyusun buku ini sebagai bahan pendukung pengajaran dan dokumentasi ilmu pengetahuan seputar arsitektur dan organisasi komputer. Penulis dapat dihubungi via email: naryanif@gmail.com.
Darmawan Aditama - Dengan berlatar belakang Pendidikan mulai dari S1 Teknik Informatika dan S2 Jaringan Cerdas Multimedia Bidang Keahlian Game Technology di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Merupakan salah satu penulis dari buku ini yang berfokus untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana Operasi Control Unit dapat melakukan kontrol pada instruksi yang diberikan kepada computer, baik interuksi yang tersimpan di memori maupun instruksi yang diberikan dari alat input atau output device.
Yutika Amelia Effendi - Saat ini berprofesi sebagai Dosen di Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga. Penulis lulusan S1 dan S2 Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (2012-2018) dan saat ini sedang menempuh S3 di Department of Industrial and Data Engineering, joint-degree Pukyong National University & Pusan National University, Korea Selatan.

Penyuka warna merah ini menyenangi travelling dan membaca novel. An introvert girl and easily distracted by romantic movies and internet world. Bidang minat penelitian utama penulis adalah process analytics and mining, artificial intelligence, industrial and data engineering, knowledge engineering, dan business process management. Artikel ilmiah yang sudah dipublikasi penulis dapat dilihat di website pribadinya www.yutikamelia.com. Penulis dapat dihubungi melalui nomor telepon 082301787770 atau email yutika.effendi@gmail.com.

Daftar Isi

Cover Depan
Balik Halaman Judul
Kolovon
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Sejarah Perkembangan Komputer dan Fungsi dari Sistem Komputer
     A. Pengertian Arsitektur dan Organisasi Komputer
     B. Sejarah Perkembangan Komputer
     C. Pengenalan Sistem Komputer
     D. Fungsi Sistem Komputer
Bab 2 Komponen-Komponen Sistem Komputer
     A. Hardware
     B. Software
     C. Brainware
Bab 3 Operasi Aritmatika dan Logika
     A. Half Adder
     B. Full Adder
     C. Parallel Adder
Bab 4 Prinsip Kerja Sistem Memori dalam Komputer
     A. Mengapa Memahami Sistem Memori Penting?
     B. Sejarah Singkat Sistem Memori
     C. Pengantar ke Sistem Memori
     D. Dasar-Dasar Memori
     E. Arsitektur Memori Komputer
     F. Kapasitas dan Bandwidth Memori Komputer
     G. Perkembangan Teknologi Memori
     H. Keamanan Memori Komputer
     I. Tantangan dan Tren Masa Depan
Bab 5 Proses Kerja CPU
Bab 6 Cara Kerja 1/0 dan DMA dalam Komputer
     A. Definisi
     B. Struktur Modul 1/0
     C. Interrupt Driven 1/0
     D. Direct Memory Access
     E. Perangkat Eksternal
Bab 7 Prinsip Kerja Struktur Interkoneksi Komputer
     A. Definisi Struktur Interkoneksi Komputer
     B. Pentingnya Struktur Interkoneksi Komputer
     C. Struktur Utama Interkoneksi
     D. Arsitektur Struktur Interkoneksi
     E. Prinsip Kerja Struktur Interkoneksis
Bab 8 Konsep dan Fungsi Reduced Intruction Set Computer (RISC)
     A. Sejarah RISC
     B. Konsep Reduced Intruction Set Computer
     C. Penggunaan File Register Besar
     D. RISC Vs CISC
     E. Pipelining Risc
Bab 9 Konsep dan Fungsi Pipeline
     A. Konsep Pengertian Pipeline
     B. Fungsi Data Pipeline
     C. Kelebihan dan Kekurangan Pipeline
     D. Tahapan Pipeline
     E. Kendala yang Terjadi Pada Pipeline
     F. Komponen Pipeline
     G. Tipe-Tipe Data Pipeline
     H. Jenis Data Pipeline
     I. Contoh Penggunaan Data Pipeline Pada Perusahaan
Bab 10 Operasi Unit Control
     A. Definisi
     B. Macam-Macam Unit Control
     C. Cara Kerja Unit Kontrol
     D. Fungsi Unit Control
     E. Siklus Intruksi
     F. Execution Cycle
     G. Fetch Cycle
     H. Micro Operation
     I. Interrupt Cycle
     J. Indirect Cycle
Bab 11 Chipset Komputer
     A. Definisi Chipset Komputer
     B. Fungsi Chipset Komputer
     C. Dua Jenis Chipset Komputer
     D. Cara kerja Chipset Komputer
Bab 12 Implementasi Gerbang Logika
     A. Jenis-Jenis Gerbang Logika
     B. Contoh Kasus Sederhana
     C. Kelebihan dan Kekurangan Gerbang Logika
Bab 13 Konsep Multi Processor dan Parallel Processing
     A. Jenis Jenis Multiprocessor
     B. Konsep Parallel Processing
     C. Tujuan Komputasi Paralel
     D. Arsitektur Memori Pada Komputasi Paralel
Bab 14 Konsep Arsitektur Komputer Dengan Studi Kasus Intel 8085 and Intel 8086 Microprocessor
     A. Intel 8085 Meninggalkan Jejak di Era 8 bit
     B. Intel 8086 Menuju Era 16 bit
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Cover Belakang