Tampilkan di aplikasi

Kolaborasi BI-Kemenkeu luncurkan uang baru

Majalah Portonews - Edisi 09/2020
2 September 2020

Majalah Portonews - Edisi 09/2020

Pengeluaran UPK 75 RI bukan pencetakan uang baru yang ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat.

Portonews
Bank Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan uang baru dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia (BI) dan yang ke-75 tahun Republik Indonesia. Acara peluncuran uang baru edisi koleksi ini diadakan pada Senin 17 Agustus 2020. Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan peluncuran uang baru tersebut. “Betul Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia telah meluncurkan uang baru,” kata Rahayu kepada sejumlah media, Minggu (16/8/2020).

Ketika ditanya lebih lanjut di mana lokasi peresmian uang baru tersebut, Rahayu menyebut peluncuran dilaksanakan secara virtual untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Secara Virtual, sesuai undangan dari BI,” ujarnya. Diketahui acara “Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia” dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 11.15 – 11.45 WIB, yang bisa disaksikan melalui live streaming di kanal YouTube Bank Indonesia.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, saat acara peluncuran, “Hari ini kita diberikan kesempatan dan kekuatan serta kesehatan untuk meluncurkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI. Sesuai amanat UU 7/2011 tentang mata uang rupiah,” kata Sri Mulyani, Senin (17/8/2020). Mata uang rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Republik Indonesia. OKI rupiah ditetapkan sebagai uang kesatuan RI atau uang NKRI.

Menurut Menkeu, perencanaan serta penentuan jumlah rupiah yang dicetak khususnya untuk uang peringatan kemerdekaan atau UPK 75 tahun RI, telah melalui koordinasi yang baik dengan berbagai pihak, Bank Indonesia, Kemenkeu, Kemensos, Kementerian Sekretaris Negara, dan para ahli waris pahlawan.
Majalah Portonews di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI