Tampilkan di aplikasi

Standarisasi proses produk cetak, suatu keharusan?

Majalah Print Media - Edisi 77
18 April 2018

Majalah Print Media - Edisi 77

Tekstur pori-porinya sama, kemudian agar dihasilkan pemukaan kain karet yang baik, maka dikasarkan dengan satu sistem pemanas.

Print Media
Pada edisi no. 76 lalu dikemukakan tentang berbagai aspek dari blanket/kain karet yang sangat berpengaruh dan menentukan kualitas suatu barang cetakan khususnya yang diproduksi dengan teknik cetak offset.

Aspek blanket yang berpengaruh pada kualitas suatu barang cetakan meliputi: kondisi fisik dari blanket beserta kondisi kekenyalannya, jeni-jenis blanket yang beredar di pasaran dan di industri percetakan beserta pedoman penggunaannya, yang semuanya apabila distandarkan akan menghasilkan produk dengan kualitas yang standard pula.

Selanjutnya kain karet yang berfungsi sebagai pemindah gambar dari pelat ke kertas dituntut memenuhi persyaratan teknis. Untuk memperoleh permukaan yang sama kekasarannya (tekstur pori-porinya sama, kemudian agar dihasilkan pemukaan kain karet yang baik, maka dikasarkan dengan satu sistem pemanas (vulkanisasi).

Hasil dari vulkanisasi yang tingkat pemanasnya standard, akan di peroleh permukaan ini umumnya sangat baik, sehingga kemampuan menerima lapisan tinta berbentuk gambar dari pelet dan memindahkannya ke kertas cukup baik.

Ciri-ciri kain karet secara teknis yang perlu diperhatikan dan sangat berpengaruh pada tumbuhnya kesulitan:

1. Kain karet dapat tetap sempurna memindahkan gambar, karena itu permukaan yang berfori-fori hasil dari vulkanisasi harus dijaga tetap terbuka dan tidak mengkilap tetapi redup dan kusam.

2. Susunan dan bentuk yang sama pada seluruh permukaan kain karet sehingga akan dapat menjamin detail titik rester yang tajam walaupun mencetak berbagai bahan cetaknya.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI