Tampilkan di aplikasi

Batasan editing foto jurnalistik

Majalah Print Media - Edisi 76
18 April 2018

Majalah Print Media - Edisi 76

Mencari, mengolah, sampai kepada menyebarluaskan catatan harian tersebut. Dan yang disebutkannya itu adalah apa yang bisa kita sebut sebagai berita.

Print Media
Jurnalistik berasal dari bahsa Belanda "Journalistich" atau dalam kamus bahasa Inggris "Jounalism" yang bersumber dari bahasa Prancis "Jounal", asal kata dari "Jour" yang berarti hari hari.

Jadi Jounal adalah catatan harian. Journalistich berarti pengetahuan tentang penyimpanan catatan harian dengan segala aspeknya, meliputi : mencari, mengolah, sampai kepada menyebarluaskan catatan harian tersebut. Dan yang disebutkannya itu adalah apa yang bisa kita sebut sebagai berita.

Menurut Prof. Mitchel V. Chamlery: "News is opinion of either interest or important of both to a considerable number of people" (Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau opini yang penting atau menarik minat, atau keduanya bagi sejumlah besar orang).

Foto jurnalistik adalah jenis foto yang digolongkan sebagai foto yang bertujuan dalam permotretannya karena keinginan bercerita kepada orang lain. Jadi foto-foto di jenis ini kepentingan utamanya adalah keinginan dalam menyampaikan pesan pada orang lain dengan maksud agar orang lain melakukan sesuatu tindakan psikis maupun psikologis.

Banyak orang awam yang beranggapan bahwa yang disebut foto jurnalistik itu hanyalah foto-foto yang dihasilkan oleh wartawan foto saja. Padahal foto jurnalistik sebenarnya mencakup hal yang sangat luas. Foto-foto advertensi, kalender, postcard adalah juga bisa juga dikatakan jenis foto jurnalistik.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI