Tampilkan di aplikasi

Harga pulp internasional terus melemah pada kuartal etiga 2019

Majalah Print Media - Edisi 92
13 Januari 2020

Majalah Print Media - Edisi 92

Harga-harga pulp internasional baru-baru ini turun selama beberapa bulan.

Print Media
Dipengaruhi oleh situasi politik dan ekonomi internasional yang tidak stabil, konflik perdagangan yang berkelanjutan antara Cina dan Amerika Serikat, perubahan nilai tukar, peningkatan stok pulp dan faktor-faktor lain, harga-harga pulp internasional baru-baru ini turun selama beberapa bulan. Sebagai tanggapan, banyak pabrik pulp internasional telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi produksi untuk menstabilkan harga pulp.

Industri ini cenderung konservatif mengenai tren harga pulp internasional pada akhir 2019, dan para pelaku pasar mengharapkan peluang yang lebih tinggi untuk naik dan turun dengan harga rata. Harga pulp internasional turun tajam pada Januari 2019, dan kemudian sepenuhnya naik pada Maret sebelum tren menurun pada Mei. Pada bulan September, harga pulp internasional sebagian besar menunjukkan tren menurun.

Para pelaku pasar mengamati bahwa ini terutama karena situasi politik dan ekonomi internasional yang tidak stabil, terutama karena perang perdagangan Tiongkok-AS yang terus secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi dinamika ekonomi dan perdagangan global. Di bawah kurangnya kepercayaan pada aftermarket, kondisi pasar pulp keseluruhan cenderung tinggi, dan harga pulp terus turun.

Menurut data PPPC (Pulp and Paper Products Council), pengiriman kumulatif pulp pasar global dari Januari hingga Juni mencapai 24,997 juta ton, di mana NBSK mengakumulasi 11,892 juta ton pada paruh pertama tahun ini, sehingga volume pengiriman adalah pada dasarnya di tingkat tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Dalam hal stok, stok pulp pasar adalah 50 hingga 53 hari, di mana pulp kayu lunak yang diputihkan adalah 37 hingga 43 hari, dan pulp kayu keras yang diputihkan adalah 62 hingga 67 hari.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI