Tampilkan di aplikasi

Quality & color process control pada proses cetak

Majalah Print Media - Edisi 98
11 Januari 2021

Majalah Print Media - Edisi 98

proses cetak mencetak

Print Media
Pada artikel kali ini saya akan mem bahas satu proses penting yang selalu terlibat pada proses cetak mencetak yang bermula dari bagian Layout, Pre-Press, Press, Post-Press, hingga persiapan pengiriman.

Bagian ini punya peran penting dan selalu ada pada posisi strategis di peta produksi yang biasanya disebut sebagai divisi Quality Control (QC). Serta QC dilakukan pada posisi-posisi tertentu, yaitu pada saat : 1. Design & Layout Selesai perapihan layout dan dilihat pada layar dan digital proof, approved dan layak untuk lanjut ke imposisi dan pembuatan plate 2. Incoming QC Quaity Control yang aktif berperan mengawasi kualitas bahan baku seperti kertas, tinta, dan bahan kimia lainnya 3. Pre-Press Selesai pembuatan plate dan siap dikirim ke divisi cetak 4. Press - Saat awal cetak setelah registrasi, warna ok dan mulai cetak massal - Saat cetak berjalan pada posisi jumlah cetak tertentu (1000 sheet, 2000 sheet, 3000 sheet, dst) - Selesai cetak, diambil sample secara acak dan di check, sebelum lanjut ke post-press 5. Post-Press Saat selesai proses di post-press (varnish, potong, lem, lipat, dll) 6. Packing & Pengiriman Setelah selesai proses Post-Press, pengemasan dan siap dikirim.

Semua proses QC ini membutuhkan tenaga manusia yang tidak sedikit, konsentrasi dan ketelitian yang terkadang masih juga ada beberapa kesalahan/ kekurangan yang lolos. Di jaman modern ini semakin banyak vendor-vendor perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) seperti Adobe, Heidelberg, Kodak, Esko, AVT, Alwan, Bodoni, Xrite, dll, yang menyediakan automatic QC pada beberapa stasiun pengecekan.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI