Tampilkan di aplikasi

Dasar-dasar desain grafis

Majalah Print Media - Edisi 102
3 September 2021

Majalah Print Media - Edisi 102

Desain Grafis

Print Media
Ekonomi kreatif merupakan potensi dalam menunjang perekonomian negara pada tahun-tahun depan. Layanan digital yang terintegrasi menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi kreatif. Berkecimpung di industri kreatif saat ini banyak menjadi pilihan bagi generasi milenial. Salah satu yang sangat diminati adalah Desain Grafis. Ke depan, keberadaan desain grafis menjadi penting dalam perkembangan industri kreatif, karena semakin banyaknya kebutuhan terkait branding, desain banner, desain katalog dan lain sebagainya.

Dalam memperlajari desain grafis, kita harus mengetahui dan memahami prinsip-prinsip desain grafis. Prinsip ini layaknya sebuah panduan atau rule yang harus diikuti untuk menghasilkan desain yang menarik dan good looking.

1. Balance Balance atau Keseimbangan memiliki arti bahwa penerapan komponen desain harus tampil seimbang. Komposisi antara tulisan, gambar maupun warna tidak berat sebelah. Terdapat 3 kategori dalam penerapan balancing ini, yaitu

a. Symmetrical Balance (Simetris) Penerapan komposisi elemen grafis sama pada kedua sisi baik atas-bawah maupun kanan-kiri.

b. Asymmetrical Balance (Asimetris) Penerapan elemen tidak sama baik jenis, bentuk maupun ukurannya, baik ketika dilipat atau mirroring secara horizontal maupun vertikal.

c. Radial Balance (Terpusat) Penerapan elemen yang biasanya tersusun melingkar yang membuat objek seolah memiliki pusat.

2. Unity Unity atau kesatuan adalah keselarasan antara semua elemen desain seperti tulisan, objek gambar, warna menjadi satu komposisi yang indah dan menarik. Dengan bersatunya semua elemen desain dengan baik mampu menghasilkan tema yang kuat dan mengandung arti
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI