Tampilkan di aplikasi

Peran label dalam sebuah kemasan produk

Majalah Print Media - Edisi 102
3 September 2021

Majalah Print Media - Edisi 102

Label

Print Media
Penerimaan konsumen terhadap satu produk salah satunya didasarkan pada kemasan produk dan label yang berisikan informasi terkait sebuah produk. Semakin unik sebuah kemasan akan menarik lebih banyak perhatian pelanggan. Fungsi kemasan pada saat ini telah berubah sejalan dengan perubahan gaya hidup konsumen yang cenderung bersifat self service.

Dalam ilmu marketing terdapat istilah umum “produk adalah kemasan”. Dalam hal ini, kemasan tidak hanya berfungsi sebagai wadah dan pelindung, namun juga menjadi identitas produk yang menyediakan informasi produk bagi konsumen sekaligus alat promosi penjualan yang menjadi daya tarik dan dapat mempengaruhi minat beli konsumen sehingga pada akhirnya dapat menekan biaya promosi.

Label produk juga merupakan satu faktor penting yang dapat menguatkan branding. Adanya label dalam sebuah kemasan bisa menjadi satu ciri khusus sebagai pembeda dari kompetitor lainnya. Dengan kata lain, label atau stiker label menjadi identitas suatu produk. Label adalah bagian yang sangat penting dari suatu produk agar konsumen dapat memperoleh produk sesuai yang diharapkan dan sehat serta aman dikonsumsi.

Label bisa berupa tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya yang disertakan pada wadah atau kemasan suatu produk dengan cara dimasukkan ke dalam, ditempelkan atau dicetak yang menjadi bagian dari kemasan tersebut. Kualitas label yang direkatkan pada kemasan harus diperhatikan. Label tidak boleh mudah lepas, tidak mudah luntur atau rusak serta terletak pada bagian kemasan yang mudah untuk dilihat dan dibaca dengan jelas.

Salah satu sektor industri besar yang menggunakan label pada kemasan adalah industri makanan dan minuman. Penggunaan label dalam industri ini harus memenuhi ketentuan yang tercantum pada UU/ No.23/1992 Tentang Produksi dan Peredaran Makanan. Makanan harus memenuhi standar persyaratan kesehatan dan label; dan periklanan tidak boleh memberikan informasi menyesatkan dari produk tersebut.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI