Tampilkan di aplikasi

Memilih tinta yang tepat untuk pencetakan format lebar

Majalah Print Media - Edisi 102
3 September 2021

Majalah Print Media - Edisi 102

Printer Epson SureColor SC-R5000 tinta resin

Print Media
Ketika memilih printer format lebar, langkah pertama adalah memutuskan jenis tinta apa yang ingin Anda gunakan. Nessan Cleary menjelaskan berbagai jenis tinta yang tersedia dan pemilihan tinta yang tepat tergantung pada aplikasi dan bahan yang ingin Anda cetak.

Sebagian besar jenis perangkat pencetakan dirancang untuk mencetak ke jenis bahan tertentu, seperti kertas atau film fleksibel, dan untuk bekerja dengan kelas tinta yang paling cocok untuk bahan tersebut.

Sektor grafis tampilan, di sisi lain, selalu melakukan hal-hal yang sedikit berbeda dan akibatnya kebanyakan orang dalam format lebar terbiasa bekerja dengan berbagai macam bahan yang berbeda.

Saat ini ada lima kelas berbeda dari tinta yang digunakan dalam pencetakan format lebar, masing-masing dengan karakteristik yang sangat berbeda yang menentukan desain dan biaya printer, serta berbagai bahan dan aplikasi yang dapat ditangani oleh printer tertentu. Jadi, memilih jenis tinta yang akan digunakan adalah salah satu keputusan paling mendasar yang dapat dibuat oleh pemilik bisnis format lebar mana pun.

Sebagian besar tinta inkjet terdiri dari pigmen berwarna yang pada akhirnya akan membentuk gambar, tersuspensi dalam cairan pembawa yang memungkinkan tinta untuk disemprotkan, ditambah berbagai aditif untuk membantu kelancaran tinta dan mencegahnya mengering di kepala cetak.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI