Tampilkan di aplikasi

Memahami teori warna dalam desain

Majalah Print Media - Edisi 104
7 Januari 2022

Majalah Print Media - Edisi 104

Teori warna

Print Media
Belajar tentang desain tentu tidak lepas dari teori warna yang merupakan pedoman dalam melakukan komunikasi melalui skema warna yang menarik. Teori warna dalam desain grafis merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk membuat suatu desain terlihat lebih menarik.

Bahkan, 99design merilis bahwa seseorang akan memutuskan apakah mereka menyukai suatu produk dalam waktu 90 detik atau kurang. Dan sebanyak 90%, keputusan itu didasarkan dari warna, buka aspek lainnya. Itulah mengapa teori warna menjadi bagian yang cukup penting, karena warna adalah salah satu bagian yang membuat sebuah benda, desain maupun logo menjadi lebih hidup.

Teori lingkaran warna atau color wheel adalah dasar dari penggabungan warna. Roda warna ini menggolongkan warna menjadi tiga kelompok yaitu warna Primer, warna Sekunder dan warna Tersier. Pengelompokan ini pertama kali ditemukan oleh Sir Issac Newton pada tahun 1666.

1. Warna Primer Warna primer terdiri dari warna Merah, Kuning dan Biru. Ketiga warna ini merupakan warna utama/pigmen yang tidak dapat dibuat dari kombinasi warna yang lain.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI