Tampilkan di aplikasi

Macam-macam Lisensi Karya Digital

Majalah Print Media - Edisi 107
8 Juli 2022

Majalah Print Media - Edisi 107

Dalam pembuatan sebuah desain, font maupun image menjadi satu elemen desain yang cukup penting

Print Media
Dalam pembuatan sebuah desain, font maupun image menjadi satu elemen desain yang cukup penting. Pemilihan font atau image dalam pembuatan desain sangat memiliki pengaruh untuk menciptakan suasana penyampaian, emosi dan seni sebuah desain itu sendiri.

Ada banyak sekali jenis font maupun image yang bisa kita unduh melalui situs-situs berbagi font/image yang ada diinternet. Meskipun semua font/ image tersebut dapat kita unduh secara gratis, bukan berarti font ataupun image tersebut dapat kita gunakan sesuka hati, terlebih untuk keperluan komersil.

Perlu diperhatikan, bahwa masing-ma sing font/image memiliki lisensi dan hak cipta yang diberikan oleh si pembuat.

Untuk meminimalisir kesalahan, penting bagi seorang desainer grafis untuk mengetahui dan memahami hak cipta atau lisensi atas penggunaan font/ image tersebut. Secara umum lisensi dapat diartikan sebagai pemberian izin atas kepemilikan barang atau jasa kepada pihak yang menerima lisensi, supaya ia dapat menggunakan barang atau jasa tersebut. Mengapa harus ada pemberian izin ? Tujuannya adalah untuk mengapresiasi atau menghargai karya orang lain.

Macam-macam lisensi font Ada beberapa jenis lisensi font yang penting untuk kita cermati dan pahami, antara lain:

1. 100% Free Font dengan lisensi ini bisa diguna kan untuk berbagai keperluan, entah untuk tujuan komersial seperti logo, poster atau untuk tujuan personal apapun itu.

2. Donationware Lisensi ini mengharuskan pengguna untuk memberi donasi kepada pembuat font sebelum mengggunakan font tersebut. Meskipun font dapat diunduh secara gratis, pengguna harus melakukan donasi agar font dapat digunakan dengan bebas.

3. Shareware Untuk font dengan lisensi ini, pengguna dapat mengunduh secara cuma-cuma tetapi hanya dapat digunakan dalam batas waktu tertentu.

4. Demo Jenis font dengan lisensi Demo ini bisa digunakan untuk keperluan personal, tetapi pengguna harus memperhatikan benar peraturan yang diberikan sebelum menggunakan.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI