Tampilkan di aplikasi

Mengenal Perbedaan Print Indoor dan Oudoor dalam Digital Printing

Majalah Print Media - Edisi 107
8 Juli 2022

Majalah Print Media - Edisi 107

Print indoor dan outdoor

Print Media
Kali ini kami tim digibook promotion akan membahas seputar beberapa perbedaan print indoor dan outdoor dalam dunia digital printing yang harus diketahui. Bagi anda yang saat ini sudah berkecimpung di dunia digital printing, pasti anda tidak asing lagi dengan dua istilah print indoor dan print outdoor. Keduanya sama-sama masuk ke dalam digital printing untuk large format. Large format adalah jenis printer untuk keperluan media periklanan yang memiliki ukuran besar.

Kebutuhan large format printing sudah semakin banyak. Hal ini disebabkan oleh permintaan konsumen yang meningkat pesat. Anda bisa melihat sendiri di jalan sudah ada banyak iklan, baliho, dan juga spanduk. Hampir semua jalan rasa sepertinya memiliki salah satu atau ketiga-ketiganya. Belum lagi dengan stiker-stiker yang semakin menambah “hiasan” jalan raya tersebut.

Secara praktek, large format printing terbagi menjadi dua yaitu print indoor dan outdoor. Keduanya memiliki perbedaan yang harus anda ketahui. Secara umum, perbedaan print indoor dan outdoor bisa dilihat dari resolusi gambar yang di hasilkan serta dari penempatan produk afternya. Untuk print indoor hasilnya ditempatkan di dalam ruangan, sementara print outdoor diletakkan di luar ruangan.

Akan tetapi, jika anda memperhatikan lebih detail. Anda akan menemukan bahwa perbedaan print indoor dan outdoor bukan hanya soal penempatannya. Mengapa? Karena keperluan bahan cetak dan tinta yang digunakan pun juga tidak sama. Informasi selengkapnya bisa anda simak penjelasan di bawah ini.

Print indoor atau digital printing indoor merupakan materi cetak yang tidak memiliki ketahanan terhadap sinar matahari, cuaca, dan juga hujan. Jadi, jika anda membandingkan print indoor dengan outdoor, anda akan menemukan bahwa bahan cetaknya tidka memiliki ketahanan yang baik. Bahannya malah lebih mudah memudar dan rusak. Sekali pun nanti anda melapisi bahannya dengan laminasi, tetap saja tidak memberikan dampak apapun.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI