Tampilkan di aplikasi

Gunung Indonesia dengan jalur pendakian terindah

Majalah Property Inside - Edisi 20
3 Januari 2018

Majalah Property Inside - Edisi 20

Letak geologis Indonesia memiliki posisi yang unik, yaitu, berada di pusat tumbukan Lempeng Tektonik Hindia- Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik, sehingga banyak bermunculan gunung-gunung dengan panorama alam yang indah di kawasan Indonesia.

Property Inside
Letak geologis Indonesia memiliki posisi yang unik, yaitu, berada di pusat tumbukan Lempeng Tektonik Hindia- Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik, sehingga banyak bermunculan gunung-gunung dengan panorama alam yang indah di kawasan Indonesia. Bahkan, salah satu gunung di Indonesia termasuk dalam jajaran Tujuh Puncak Dunia (Seven Summit).

Selain itu, Indonesia juga tercatat sebagai negara yang memiliki gunung berapi aktif terbesar di dunia. Berikut beberapa gunung yang memiliki keindahan alam dan menjadi destinasi favorit para pendaki Indonesia maupun Internasional.

1. Pegunungan Jayawijaya Tidak salah jika para pendaki gunung memiliki keinginan besar untuk menaklukan puncak tertinggi di Indonesia sekaligus di kawasan Oceania, Pegunungan Jayawijaya atau juga dikenal Pegunungan Cartenz (4.800 mdpl). Terletak di Papua Barat, Pegunungan Cartenz merupakan deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah Pulau Papua, dengan puncaknya bernama Carstensz Pyramide.

Pegunungan Cartenz masuk dalam jajaran Tujuh Puncak Dunia (Seven Summit). Sehingga banyak pendaki gunung dari penjuru dunia datang ke Gunung Cartenz untuk merasakan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya di selimuti salju abadi.

2. Gunung Rinjani Berlokasi di Pulau Lombok, Gunung Rinjani (3.726 m dpl) merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan sekaligus sebagai puncak tertinggi di kepulauan Nusa Tenggara dan Bali.

Di bagian barat kerucut Gunung Rinjani terdapat Segara Anakan, sebuah danau di ketinggian 2000m dengan luas 11 juta m persegi dan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang mengalir melewati jurang yang curam. Di tempat ini biasanya digunakan untuk berkemah dan memancing karena banyak terdapat ikan mas dan mujair.

Untuk mencapai puncak Gunung Rinjani dibutuhkan waktu sekitar 3 hari 2 malam. Namun, perjuangan melalui medan yang berat terbayar sempurna dengan pemandangan alam yang indah bagi para pendaki.
Majalah Property Inside di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI