Tampilkan di aplikasi

Pagar tak lagi sekedar pembatas & pelindung rumah

Majalah Property Inside - Edisi 19
3 Januari 2018

Majalah Property Inside - Edisi 19

Zaman yang semakin berkembang berhasil memosisikan pagar tidak hanya sebagai pembatas dan pelindung penghuni rumah saja.

Property Inside
Dari segi fungsi fisik, pagar berfungsi sebagai pembatas kepemilikan suatu area. Begitu juga halnya pada area yang belum dibangun, harus memiliki pagar untuk menandakan bahwa area tersebut sudah memiliki pemilik. Sementara dari segi psikis, pagar memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya.

Pada malam hari misalnya, penghuni rumah akan merasa lebih tenang saat pagar telah terkunci. Seringkali desain dan bentuk pagar menggambarkan simbol status sosial sang penghuni. Misalnya, kondisi pagar yang terlalu tinggi memberikan kesan bahwa penghuni rumah tersebut kurang dapat bersosialisasi dan tertutup.

Namun tidak jarang juga, penghuni rumah membuat pagar yang tinggi untuk memberikan rasa aman karena kondisi rumah yang berdekatan dengan tempat umum seperti pasar, stasiun, dan terminal. Sebaliknya, kondisi pagar yang rendah memperlihatkan karakter penghuni rumah yang terbuka.

Selain ukuran tinggi pagar, variasi bentuk dan warna pagar juga menjadi simbol status sosial. Misalnya, pagar kayu berwarna cokelat menandakan karakter penghuni rumah yang menyukai hal-hal alami. Pagar berwarna kuning menandakan karakter yang ceria dan pagar biru muda yang menandakan karakter yang tenang.

Seiring dengan perkembangan zaman, cara pandang manusia mengenai kehadiran pagar ikut berubah. Jika dahulu pagar hanya dibuat sekedarnya, kini sudah banyak orang yang membuat pagar untuk menambah nilai keindahan sebuah rumah. Untuk mencapai keindahan tersebut, pagar harus dibuat menarik dan serasi dengan konsep bangunan, dengan memperhatikan unsur-unsur berikut:

1. Serasi dengan gaya bangunan rumah. Pembangunan pagar harus memperhatikan bentuk, model, dan ukuran yang sesuai dengan luas lahan, komposisi bangunan, dan lokasi.

2. Pemilihan bahan dan warna. Pemilihan bahan akan memengaruhi keindahan pagar dan nuansa rumah. Selain itu, pemilihan bahan juga menentukan karakter yang diinginkan. Misalnya, pagar dengan bahan kayu memberikan kesan yang sederhana, ringan, dan alami.
Majalah Property Inside di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI