Tampilkan di aplikasi

Buku Pustaka Rumah C1nta hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Rekayasa Perangkat Lunak

Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer

1 Pembaca
Rp 100.000 15%
Rp 85.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 255.000 13%
Rp 73.667 /orang
Rp 221.000

5 Pembaca
Rp 425.000 20%
Rp 68.000 /orang
Rp 340.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Memiliki kemampuan koding tidak menjamin seseorang dapat menyelesaikan pembuatan sebuah perangkat lunak dengan baik. Perangkat lunak yang baik dibuat sesuai kebutuhan pengguna dan tidak dibuat sepihak oleh pengembang. Sebuah perangkat lunak yang sesuai kebutuhan pengguna perlu dibuat dengan metode-metode perekayasa perangkat lunak yang standar dan dapat diimplementasikan ke dalam tim dengan mudah. Hal ini menunjukan bahwa mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak bukan saja mempelajari tentang cara membuat perangkat lunak saja, tetapi juga mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan pengguna, berkomunikasi dan berinteraksi dengan anggota tim serta mempelajari metode-metode yang bisa diterapkan dalam praktik Rekayasa Perangkat Lunak. Modul Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak ditulis sebagai panduan praktikum Rekayasa Perangkat Lunak untuk mahasiswa di bidang Ilmu Komputer. Di dalam modul ini berisi teknis pembuatan perangkat lunak juga bagaimana mengimplementasikan praktik terbaik dalam menyelesaikan sebuah proyek perangkat lunak. Sebagai mahasiswa di bidang Ilmu Komputer nantinya pasti akan sering bersinggungan dengan Rekayasa Perangkat Lunak, baik itu pada perkuliahan selanjutnya maupun di dunia kerja nantinya. Karena itulah Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak perlu dipelajari bagi mahasiswa di bidang Ilmu Komputer.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Kholiq Budiman

Penerbit: Pustaka Rumah C1nta
ISBN: 9786234321388
Terbit: Maret 2023 , 176 Halaman










Ikhtisar

Memiliki kemampuan koding tidak menjamin seseorang dapat menyelesaikan pembuatan sebuah perangkat lunak dengan baik. Perangkat lunak yang baik dibuat sesuai kebutuhan pengguna dan tidak dibuat sepihak oleh pengembang. Sebuah perangkat lunak yang sesuai kebutuhan pengguna perlu dibuat dengan metode-metode perekayasa perangkat lunak yang standar dan dapat diimplementasikan ke dalam tim dengan mudah. Hal ini menunjukan bahwa mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak bukan saja mempelajari tentang cara membuat perangkat lunak saja, tetapi juga mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan pengguna, berkomunikasi dan berinteraksi dengan anggota tim serta mempelajari metode-metode yang bisa diterapkan dalam praktik Rekayasa Perangkat Lunak. Modul Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak ditulis sebagai panduan praktikum Rekayasa Perangkat Lunak untuk mahasiswa di bidang Ilmu Komputer. Di dalam modul ini berisi teknis pembuatan perangkat lunak juga bagaimana mengimplementasikan praktik terbaik dalam menyelesaikan sebuah proyek perangkat lunak. Sebagai mahasiswa di bidang Ilmu Komputer nantinya pasti akan sering bersinggungan dengan Rekayasa Perangkat Lunak, baik itu pada perkuliahan selanjutnya maupun di dunia kerja nantinya. Karena itulah Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak perlu dipelajari bagi mahasiswa di bidang Ilmu Komputer.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillah, akhirnya terselesaikan buku kami ini. Buku ini bertujuan membahas teori praktis dan implementasi rekayasa perangkat lunak yang terdiri dari 8 bab. Dari 8 bab tersebut, memuat diantaranya; Pendahuluan, berisi pembahasan Rekayasa Perangkat Lunak, tujuan akhir modul, penggunaan modul serta peran dosen. Bab 1: Scrum, berisi penjelasan tentang scrum, tools yang digunakan dalam melakukan scrum dan praktik menggunakan toolstersebut. Bab 2: Git, berisi penjelasan tentang Git, instalasi Git, Membuat akun GitHub dan memahami kinerja GitHub. Bab 3: Desain Web, berisi penjelasan Prototipe low-fidelity dan Highfidelity, serta praktik mendesain website. Bab 4: Desain Sistem Web, berisi penjelasan tentang UML (Unit Modeling Language) dan praktik UML membuat sistem Use Case sederhana. Bab 5: Implementasi Web. Bab 6: Pengujian (Testing). Bab 7: Debugging.

Dan Bab 8: Maintenance. Buku ini sangat bermanfaat bagi pembaca yang tertarik di bidang rekayasa perangkat lunak. Selamat membaca.

Penulis

Kholiq Budiman - Kholiq Budiman merupakan dosen di Universitas Negeri Semarang pada Homebase program Studi Sistem Informasi. Penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana di Universitas Negeri Semarang Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Pendidikan Magister juga telah diselesaikan oleh penulis pada 2017 silam pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Diponegoro. Penulis juga merupakan seorang programmer yang aktif berkecimpung sebagai konsultan di beberapa perusahaan berbasis industri. Penulis banyak meneliti dan membuat karya yang menerapkan ilmu Rekayasa Perangkat Lunak. Sebagai seorang dosen di Program Studi Sistem Informasi, penulis merasa resah akan banyaknya mahasiswa yang kurang memahami Rekayasa Perangkat Lunak. Melalui buku ini, penulis mencoba memberikan wawasan yang lebih luas mengenai Rekayasa Perangkat Lunak itu sendiri. Harapannya mahasiswa di bidang Ilmu Komputer pada umumnya dan pada khususnya mahasiswa program studi Sistem Informasi dapat menjadikan buku ini sebagai pedoman dan acuan untuk belajar mengenai Rekayasa Perangkat Lunak.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Sampul
Hak Cipta
Perpustakaan Nasional RI. Data Katalog dalam Terbitan (KDT)
Penerbit Pustaka Rumah C1nta
Kata Pengantar
Daftar Isi
Pendahuluan
     A. Deskripsi dan Tujuan
     B. Petunjuk bagi Mahasiswa
     C. Petunjuk bagi Dosen
BAB 1 Implementasi Scrum
     A. Deskripsi Singkat
     B. Capaian Kegiatan Implementasi
     C. Teori
     D. Implementasi
     E. Latihan Soal
     F. Rangkuman
BAB 2 Implementasi Git
     A. Deskripsi Singkat
     B. Capaian Kegiatan Implementasi
     C. Teori
          1.  Mengenal Source Code Management
          2.  Perubahan Apa Saja yang Dicatat atau Dikelola?
          3. Jenis-Jenis Source Code Management
          4. Mengenal Git
     D. Implementasi
     E. Latihan Soal
     F. Rangkuman
BAB 3 Implementasi Desain Web
     A. Deskripsi Singkat
     B. Capaian Kegiatan Implemenasi
     C. Teori
     D. Implementasi
     E. Latihan Soal
     F. Rangkuman
BAB 4 Implementasi Desain Sistem Web
     A. Deskripsi Singkat
     B. Capaian Kegiatan Implementasi
     C. Teori
          1. View
          2. Diagram
     D. Implementasi
     E. Latihan Soal
     F. Rangkuman
BAB 5 Implementasi Web
     A. Deskripsi Singkat
     B. Capaian Kegiatan Implementasi
     C. Teori
          1. Object Oriented Program (OOP)
          2. Laravel
     D. Implementasi
     E. Latihan Soal
     F. Rangkuman
BAB 6 Implementasi Pengujian (Testing)
     A. Deskripsi Singkat
     B. Capaian Kegiatan Implementasi
     C. Teori
          1. Pengujian Black Box
          2. White Box
     D. Implementasi
     E. Latihan Soal
     F. Rangkuman
BAB 7 Implementasi Debugging
     A. Deskripsi Singkat
     B. Capaian Kegiatan Implementasi
     C. Teori
     D. Implementasi
          1. Debugging Menggunakan Print
          2. Debugging Website
     E. Latihan Soal
     F. Rangkuman
BAB 8 Implementasi Maintenance
     A. Deskripsi Singkat
     B. Capaian Kegiatan Implementasi
     C. Teori
          1. Predictive Maintenance
          2. Preventive Maintenance
     D. Implementasi
     E. Latihan Soal
     F. Rangkuman
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Sampul Belakang