Tampilkan di aplikasi

Buku Pustaka Rumah C1nta hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak

1 Pembaca
Rp 170.000 15%
Rp 144.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 433.500 13%
Rp 125.233 /orang
Rp 375.700

5 Pembaca
Rp 722.500 20%
Rp 115.600 /orang
Rp 578.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Memiliki kemampuan koding belum pasti bisa menjamin bisa menyelesaikan pembuatan sebuah perangkat lunak dengan baik. Perangkat lunak yang baik adalah yang sesuai kebutuhan pengguna dan pasti tidak dibuat sepihak oleh pengembang. Sebuah perangkat lunak yang sesuai kebutuhan pengguna perlu dibuat dengan metode-metode perekayasa perangkat lunak yang standar dan dapat diimplementasikan ke dalam tim dengan mudah. Hal ini menunjukan bahwa mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak bukan saja mempelajari tentang cara membuat perangkat lunak saja, tetapi juga mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan pengguna, berkomunikasi dan berinteraksi dengan anggota tim serta mempelajari metode-metode yang bisa diterapkan dalam praktik Rekayasa Perangkat Lunak. Buku Rekayasa Perangkat Lunak ditulis sebagai materi perkuliahan Rekayasa Perangkat Lunak untuk mahasiswa di bidang Ilmu Komputer. Di dalam buku ini berisi materi dari metode-metode pembuatan perangkat lunak juga bagaimana mengimplementasikan praktik terbaik dalam menyelesaikan sebuah proyek perangkat lunak. Sebagai mahasiswa di bidang Ilmu Komputer nantinya pasti akan sering bersinggungan dengan Rekayasa Perangkat Lunak, baik itu pada perkuliahan selanjutnya maupun di dunia kerja nantinya. Karena itulah Rekayasa Perangkat Lunak perlu dipelajari bagi mahasiswa di bidang Ilmu Komputer.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Kholiq Budiman

Penerbit: Pustaka Rumah C1nta
ISBN: 9786234321326
Terbit: Maret 2023 , 266 Halaman










Ikhtisar

Memiliki kemampuan koding belum pasti bisa menjamin bisa menyelesaikan pembuatan sebuah perangkat lunak dengan baik. Perangkat lunak yang baik adalah yang sesuai kebutuhan pengguna dan pasti tidak dibuat sepihak oleh pengembang. Sebuah perangkat lunak yang sesuai kebutuhan pengguna perlu dibuat dengan metode-metode perekayasa perangkat lunak yang standar dan dapat diimplementasikan ke dalam tim dengan mudah. Hal ini menunjukan bahwa mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak bukan saja mempelajari tentang cara membuat perangkat lunak saja, tetapi juga mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan pengguna, berkomunikasi dan berinteraksi dengan anggota tim serta mempelajari metode-metode yang bisa diterapkan dalam praktik Rekayasa Perangkat Lunak. Buku Rekayasa Perangkat Lunak ditulis sebagai materi perkuliahan Rekayasa Perangkat Lunak untuk mahasiswa di bidang Ilmu Komputer. Di dalam buku ini berisi materi dari metode-metode pembuatan perangkat lunak juga bagaimana mengimplementasikan praktik terbaik dalam menyelesaikan sebuah proyek perangkat lunak. Sebagai mahasiswa di bidang Ilmu Komputer nantinya pasti akan sering bersinggungan dengan Rekayasa Perangkat Lunak, baik itu pada perkuliahan selanjutnya maupun di dunia kerja nantinya. Karena itulah Rekayasa Perangkat Lunak perlu dipelajari bagi mahasiswa di bidang Ilmu Komputer.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya, kami dapat menyelesaikan buku ajar “Rekayasa Perangkat Lunak”. Buku ini ditulis untuk membantu pengajar atau dosen dan mahasiswa yang membutuhkan berbagai teori pada mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak.

Buku ajar ini ditulis sebagai materi perkuliahan untuk mahasiswa di bidang Ilmu Komputer. Di dalam buku ini berisi materi dari metode-metode pembuatan perangkat lunak juga bagaimana implementasi terbaik dalam menyelesaikan sebuah proyek perangkat lunak.

Sebagai mahasiswa di bidang Ilmu Komputer nantinya pasti akan sering bersinggungan dengan Rekayasa Perangkat Lunak, pada perkuliahan maupun di dunia kerja nantinya. Karena itulah Rekayasa Perangkat Lunak perlu dipelajari bagi mahasiswa di bidang Ilmu Komputer.

Rekayasa Perangkat Lunak tidak hanya mempelajari tentang cara membuat perangkat lunak saja, tetapi juga mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan pengguna, berkomunikasi dan berinteraksi dengan anggota tim serta mempelajari metode-metodenya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah membantu sehingga buku ini selesai dengan sangat baik. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan buku ini, untuk itu kami mengharapkan saran dan kritik membangun untuk perbaikan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kami dan pembaca.

Penulis

Kholiq Budiman - Kholiq Budiman merupakan dosen di Universitas Negeri Semarang pada Homebase program Studi Sistem Informasi. Penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana di Universitas Negeri Semarang Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Pendidikan Magister juga telah diselesaikan oleh penulis pada 2017 silam pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Diponegoro. Penulis juga merupakan seorang programmer yang aktif berkecimpung sebagai konsultan di beberapa perusahaan berbasis industri. Penulis banyak meneliti dan membuat karya yang menerapkan ilmu Rekayasa Perangkat Lunak. Sebagai seorang dosen di Program Studi Sistem Informasi, penulis merasa resah akan banyaknya mahasiswa yang kurang memahami Rekayasa Perangkat Lunak. Melalui buku ini, penulis mencoba memberikan wawasan yang lebih luas mengenai Rekayasa Perangkat Lunak itu sendiri. Harapannya mahasiswa di bidang Ilmu Komputer pada umumnya dan pada khususnya mahasiswa program studi Sistem Informasi dapat menjadikan buku ini sebagai pedoman dan acuan untuk belajar mengenai Rekayasa Perangkat Lunak.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Sampul
Hak Cipta
Perpustakaan Nasional RI. Data Katalog dalam Terbitan (KDT)
Penerbit Pustaka Rumah C1nta
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Sejarah Perangkat Lunak
          2. Definisi Rekayasa Perangkat Lunak
          3. Definisi Perangkat Lunak
          4. Peranan Perangkat Lunak
          5. Perkembangan Perangkat Lunak
          6. Karakteristik Perangkat Lunak
          7. Karakteristik Perangkat Lunak Berkualitas
          8. Jenis-Jenis Perangkat Lunak
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 2 Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Siklus Hidup Pengembangan Sistem Perangkat Lunak
          2. Tahapan Software Development Life Cycle (SDLC)
          3. Kelebihan dan Kelemahan SDLC
          4. Pengertian dan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 3 Konsep dan Prinsip Analisis dalam Pembangunan Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Konsep dan Prinsip Analisis
          2. Analisis Kebutuhan
          3. Prinsip-Prinsip Analisis
          4. Prototipe Perangkat Lunak
          5. Model Analisis
          6. Analisis Terstruktur
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 4 Pemodelan Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Deskripsi Umum
          2. Kebutuhan Antarmuka Eksternal
          3. Feature Sistem
          4. Kebutuhan Non-Fungsional Lainnya
          5. Kebutuhan Lain
          6. Model Analisis
          7. Daftar kebutuhan
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 5 Prinsip dan Konsep Desain Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Dasar Desain Perangkat Lunak
          2. Prinsip Desain Perangkat Lunak
          3. Konsep Desain Perangkat Lunak
          4. Mengembangkan Model Desain Perangkat Lunak
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 6 Analisis Desain Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Desain Sistem
          2. Desain Database
          3. Tujuan Desain
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 7 Metode Desain Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Desain Data
          2. Desain Arsitektur
          3. Desain Interface
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 8 Pemilihan Model Desain Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Isi Materi
          1. ERD (Entity Relationship Diagram)
          2. DFD (Data Flow Diagram/ Diagram Aliran Data)
          3. UML (Unified Modeling Language)
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 9 Pengenalan Tentang Source Code Control Serta Implementasinya dalam Coding
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          Keuntungan Manajemen Source Code
          Praktik Terbaik untuk Manajemen Kode Sumber
          Apa Itu Git?
          Keunggulan dari Git
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 10 Penggunaan Code Editor untuk Membuat CSS Serta Pengimplementasian Konsep Interaksi Manusia dan komputer
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Sublime text
          2. Notepad++
          3. Visual Studio Code
          4. Komodo Editor
          5. Atom
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 11 Menggunakan Tool-Tool DBMS Serta Membuat Database yang Efisien dan Tepat
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          Apa itu DBMS?
          Jenis DBMS
          Contoh DBMS yang paling populer
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 12 Efisiensi dan Efektifitas Algoritma Pemrograman pada Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          1. Finiteness (Keterbatasan)
          2. Input (Masukan)
          3. Output (Keluaran)
          4. Definiteness (Kepastian)
          5. Effectiveness (Keefektivitasan)
          6. Structured (Terstruktur)
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 13 Strategi Pengujian Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 14 Application Programming Interface
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          Perkembangan API
          Desain
          Dokumentasi
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 15 Pemeliharaan Perangkat Lunak
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          Mengapa pemeliharaan perangkat lunak diperlukan?
          Bentuk-Bentuk Pemeliharaan Perangkat Lunak
          Permasalahan Selama Pemeliharaan Perangkat Lunak
          Aktivitas Pemeliharaan Perangkat Lunak
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Bab 16 Membuat Perangkat Lunak Secara Utuh dan Me-maintain Perangkat Lunak dengan Metode yang Tepat
     A. Pendahuluan
     B. Capaian Pembelajaran
     C. Materi
          Apa sebenarnya pengembangan perangkat lunak itu?
          Metode Pengembangan Perangkat Lunak
          Kelebihan dan Kekurangan
          Kelebihan dan Kekurangan Spiral
          Kelebihan dan Kekurangan Prototipe
          Scrum Roles
          Scrum Artifacts
          Kelebihan dan Kekurangan Agile
     D. Latihan Soal
     E. Rangkuman
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Sampul Belakang