Tampilkan di aplikasi

KPR jenis baru menabung sambil mencicil rumah

Tabloid Rumah - Edisi 344
27 Mei 2016

Tabloid Rumah - Edisi 344

Impian memiliki rumah kini makin mudah diwujudkan dengan tabungan perencanaan dan KPR terkendali. / Foto : Jou Endhy Pesuarissa

Rumah
Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian banyak orang. Tapi tak jarang keinginan memiliki rumah tersebut harus gagal karena harga rumah yang makin tinggi. Riset yang dilakukan oleh Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) menunjukkan peningkatan harga rumah mencapai 10%--20% per tahun. Kenaikan harga itu juga bersamaan dengan naiknya harga kebutuhan dari waktu ke waktu.

Yang menjadi masalah, peningkatan penghasilan saat ini bisa dibilang tidak sebanding dengan kenaikan harga kebutuhan tersebut. Oleh karena itu sebaiknya seseorang membuat skala prioritas tentang kebutuhan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sebelum mengajukan KPR, besarnya uang muka biasanya menjadi kendala utama yang terasa paling berat.

Bagaimana tidak, untuk memulai cicilan KPR biasanya nasabah harus membayar uang muka hingga 20% dari total harga rumah yang akan dibelinya. Tentu butuh waktu menabung bertahun-tahun untuk mengumpulkan dana sebesar itu. membayar uang muka hingga 20% dari total harga rumah yang akan dibelinya. Tentu butuh waktu menabung bertahun-tahun untuk mengumpulkan dana sebesar itu.

Salah satunya bank HSBC yang baru-baru ini meluncurkan program tabungan perencanaan kepemilikan rumah, yakni HSBC Advance Home Ownership Plan. Dengan program ini nasabah cukup menabung mulai dari Rp3,5 juta per bulan selama dua tahun, maka nasabah sudah bisa memulai cicilan KPR. “Nasabah juga akan mendapatkan pendampingan dari konsultan kami selama masa perencanaan kepemilikan rumah tersebut,” ungkap Vira Widiyasari, Head of Customer Value Management, HSBC Indonesia.

Dari program perencanaan KPR ini, nasabah tidak hanya mendapatkan uang muka tapi juga mendapatkan pinjaman pembiayaan KPR hingga 100 kali dari nilai tabungan bulanan. “Nasabah juga bisa mendapatkan pinjaman untuk renovasi rumah dengan nilai hingga Rp250juta,” tambah Vira.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI