Tampilkan di aplikasi

Jalan-jalan di mojokerto dalam 1 hari 5 objek wisata

Tabloid Rumah - Edisi 344
27 Mei 2016

Tabloid Rumah - Edisi 344

Anda berencana wisata ke Mojokerto, Jawa Timur, dalam waktu dekat? Anda harus menyempatkan jalanjalan di 5 objek wisata terkenal di Mojokerto. Enggak perlu waktu lama kok, cukup satu hari Anda dapat mengunjungi ke-5 objek wisata terkenal di kota ini. / Foto : Irfan Hidayat

Rumah
Mojokerto adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Walau kotanya terbilang kecil, potensi wisata alam dan peninggalan sejarahnya luar biasa. Ini tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Majapahit yang meninggalkan berbagai macam bangunan arsitektur di seantero Mojokerto. Salah satu yang melegenda adalah ditemukannya banyak candi di daerah Trowulan.

Bahkan, beberapa arkeolog percaya jika Trowulan digali masih banyak situs prasejarah yang akan ditemukan lagi di tanah Mojokerto ini. Yang menarik, berbagai macam objek wisata ini letaknya tidak berjauhan. Ibarat pepatah, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Artinya, sekali berkunjung ke sini, Anda akan bisa mengunjungi berbagai objek wisata di sini. Ini dia hasil perjalanan kami selama 1 hari di Mojokerto.

Candi Bajang Ratu Situs peninggalan pertama yang kami kunjungi adalah Candi Bajang Ratu, yang terletak di Desa Temon, Trowulan. Candi ini berbentuk seperti gapura yang menjulang tinggi dan terbuat dari tumpukan bata. Candi ini dibuat untuk mengenang Pengeran Jayanegara, yaitu Putera Mahkota Majapahit, yang sudah dinobatkan menjadi Kumaraja (Raja Muda) sejak dalam kandungan. Inilah alasan kenapa candi ini diberi nama “Bajang Ratu” karena dalam bahasa Jawa berarti “Raja Kecil”.

Secara arsitektur, candi ini memiliki denah berbentuk persegi, berukuran 11,2m x 6,7m, dan tinggi 16,1m. Sementara, candi berdiri di atas lahan seluas 11.500m2. Bangunannya terdiri dari kepala (atap), badan (dinding), dan kepala (atap). Atapnya terdiri dari tingkatantingkatan horizontal dengan puncak berbentuk kubus. Pada atap terdapat beberapa hiasan relief antara lain relief kalamakara, naga berkaki, kepala kala, surya, mata satu, dan mahkota/kelopak bunga.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI