Tampilkan di aplikasi

"Surga" Kecil di timur Kalimantan

Tabloid Rumah - Edisi 353
3 Oktober 2016

Tabloid Rumah - Edisi 353

Tak perlu jauh-jauh mencari suasana laut yang indah ke luar negeri. Negara kita juga punya, lho! Temukan fantastisnya “surga” mini di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Rumah
Pernahkah Anda mengimpikan bersantai di pantai dengan hamparan air laut jernih? Saking jernihnya air laut ini, Anda bisa menengok langsung ke dasar laut pesisir. Ya, jika Anda memang mengimpikan tempat seperti ini, Anda dapat berkunjung ke Maratua yang berlokasi di bagian selatan Provinsi Kalimantan Timur sebagai bagian dari Kepulauan Derawan. Berbatasan dengan Malaysia, pulau seluas ±384km2 ini terdiri atas 4 kampung, yaitu Kampung Bohe Silian, Payung-payung, Teluk Harapan di mana terdapat pusat pemerintahan Kecamatan Maratua, dan Teluk Alulu dengan kekayaan wisata alam masingmasing.

Ada yang merupakan wisata hutan bakau, hamparan pesisir dangkat berumput (padang lamun), dan tentunya wisata keanekaragaman fl ora dan fauna. Menariknya, hanya sekitar 9,3% dari luas wilayah ini merupakan daratan yang bisa didiami, sementara sisanya adalah perairan. Tak heran, jika banyak penduduk di tempat ini yang tinggal di atas laut. Ini yang membuat tempat ini semakin unik dan berkarakter. Sejuta Wisata Air Jika Anda berkunjung ke tempat ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sekitar pulau. Sudah pasti Anda bisa bermain di air laut yang tampak bersih dan berenang ditemani ikanikan, misalnya di Pantai Tanjung Harapan. Karena jernihnya perairan Pulau Maratua ini, Anda bisa melihat sendiri biota laut di habitatnya langsung saat berolah raga menyelam.

Tak hanya itu, setidaknya ada 21 titik penyelaman bagi Anda yang menyukai olahraga snorkling atau diving. Berbagai macam jenis ikan dan biota laut lainnya dapat memanjakan mata Anda sepanjang penglihatan. Aktivitas olahraga air masih tergolong cukup aman, namun sebaiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan penduduk lokal yang lebih memahami kondisi perairan di daerah ini. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi objek wisata Danau Haji Buang. Di tempat ini Anda dapat berenang dengan jutaan ubur-ubur.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI