Tampilkan di aplikasi

Ubin tegel si kuno yang kekinian

Tabloid Rumah - Edisi 353
3 Oktober 2016

Tabloid Rumah - Edisi 353

Tegel kini tidak hanya sebagai penutup lantai. Motifnya yang unik juga cantik menghiasi area lain di dalam ruang.

Rumah
Tegel sudah dikenal sejak lama sebagai penutup lantai pada hunian. Ubin yang dibuat dari semen ini memiliki motif yang menarik dengan berbagai pilihan warna. Memiliki kesan vintage tidak membuat tegel ketinggalan zaman. Justru ubin jenis ini semakin digemari dan digunakan dibanyak tempat. Putu Aneth, desainer interior sekaligus pengusaha ubin bermotif, Tegel Soeryo, mengatakan saat ini banyak pemilik rumah yang menggunakan tegel sebagai elemen dekorasi rumah. “Motif tegel yang bermacam-macam juga bisa dikombinasikan saat pengaplikasian,” kata Putu.

Area pengaplikasian ubin tegel kini juga semakin beragam. Tidak hanya hadir di teras, tegel rupanya sudah menghampiri area basah misalnya pada backsplash dapur hingga kamar mandi. Anggapan tegel yang menyerap air dan tidak cocok di area basah, rupanya telah disingkirkan karena ubin ini telah banyak dimodifikasi. “Penggunaan tegel di area basah bisa disiasati dengan menggunakan finishing khusus,” ungkap Putu. Furnitu r Tegel Kreasi tegel kini juga tidak sebatas penutup lantai dan dinding. Tegel juga muncul pada produk furnitur misalnya meja, bangku, dan stool. Desain furnitur dengan tegel ini biasanya mengombinasikan antara sentuhan skandinavian pada kayu furnitur dan sentuhan klasik lewat motif tegel.

Warna-warna yang digunakan untuk furnitur dengan tegel juga biasanya berwarna netral, misalnya putih. Warna netral dipilih untuk mengimbangi tegel yang berwarna-warni. “Dengan begitu furnitur tegel ini akan cocok diletakkan pada ruangan dengan tema apa saja,” ujar Putu. Di beberapa produsen penyedia furnitur tegel, pemilik rumah juga bisa mengkreasikan sendiri motif pada furnitur tegelnya. Misalnya di Tegel Soeryo milik Putu, tegel bermotif huruf kini sedang digemari. “Pembeli biasanya senang karena bisa menuliskan kata-kata maupun nama di furnitur pesanannya dengan tegel,” kata Putu.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI