Tampilkan di aplikasi

Tanaman kekinian 2017

Tabloid Rumah - Edisi 360
26 Januari 2017

Tabloid Rumah - Edisi 360

Jika melirik Instagram, Anda akan melihat tanaman-tanaman ini mendominasi linimasa. Tanaman-tanaman ini memang sedang tren di akhir 2016, dan diperkirakan akan tetap bertahan hingga 2017. / Foto : Yannis Rudolf

Rumah
Tren kembali ke alam sedang bergema di mana-mana.

Di arsitektur, tren kembali ke alam dapat terlihat dengan penggunaan material ekspos yang mirip dengan material alam serta layout ruangan yang mencoba meniadakan batas antara interior dan eksterior rumah.

Tren interior pun tak mau kalah, berjalan beriringan dengan tren arsitektur. Usaha untuk kembali di alam pada interior pun digalakkan, dapat dilihat dari pemanfaatan unsur alam—seperti tanaman—sebagai penyegar sekaligus penghias ruang.

Di antara sekian banyak tanaman, menurut Nelza Yesaya Hehamahu, lanskaper sekaligus pemilik Emillie Garden, tanaman berdaun indah yang tumbuh di daerah tropis lah yang menjadi pilihan di tahun 2017. Mereka antara lain adalah monster serta beberapa keluarga philodendron, kadaka, dan sansevieria.

Tanaman daun ini digemari karena bentuknya yang indah sehingga bisa menambah estetika ruang. Selain itu, perawatannya mudah, berbeda dengan tanaman bunga yang memerlukan perawatan lebih intensif.

Tanaman ini sebenarnya adalah bagian dari keluarga tanaman araceae (talastalasan) yang masih satu keluarga dengan philodendron.

Nama monstera berasal dari bahasa Latin yaitu monstrous atau berarti abnormal.

Penamaan ini terjadi karena bentuk daun monstera yang tidak seperti daun normal pada umumnya, ada robekan dan lubang di daunnya. Karena lubang itulah, di Indonesia, monstera juga dikenal dengan nama janda bolong. Di benua Amerika, tanaman ini juga dikenal dengan nama swiss cheese plant karena bentuknya yang menyerupai keju swiss yang berlubang.

Monstera sendiri berasal dari Meksiko serta hutan-hutan tropis di Benua Amerika. Tanaman ini punya lebih dari 50 spesies, namun di Indonesia, yang paling sering digunakan sebagai tanaman dekorasi adalah jenis monstera deliciosa dan monstera obliqua.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI