Lezatnya kuliner rakyat di kompleks keraton

Tabloid Saji - Edisi 356
15 Juni 2016

Tabloid Saji - Edisi 356

Terletak di jantung kota Yogyakarta, Keraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman merupakan dua wilayah bersejarah di Kota Gudeg. Nah, di kawasan inilah Anda bisa mencicipi kuliner rakyat yang sangat menggugah selera. Jadi, sempatkan mampir ke sini ketika berkunjung ke Yogya. / Foto : Rizkie N. • visual Bayu P.

Saji
Ayam Goreng Code, Kuliner Yogyakarta memiliki kekhasan tersendiri, yakni didominasi rasa manis. Tak heran bila ayam goreng yang dijual di sini bercitarasa manis di samping yang gurih. Di kawasan Jagalan yang bersebelahan dengan area Puro Pakualaman, merupakan pusat penjual ayam goreng bacem khas Yogyakarta. Penjual ayam goreng berjejer di sisi jalan utama. Salah satu yang cukup populer adalah Ayam Goreng Code.

Mulai berjualan sejak 2006, warung ini memang hanya menjual ayam goreng saja. Sebelum disajikan, ayamnya mengalami beberapa kali proses pemasakan. Awalnya, ayam dibumbu bacem sambil direbus hingga empuk, sekitar 30 menit. Bumbu bacem yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, jinten, ketumbar, dan gula jawa. Setelah dibacem, ayam ditata di atas rak saji berkaca yang terpampang di depan warung. Pengunjung dapat memilih dan memesan langsung ayamnya dari rak. Ketika akan disajikan, ayam digoreng di dalam minyak panas.

Ayam goreng disajikan bersama nasi, lalapan, dan sambal matang yang rasanya pedas dan manis. Pengunjung bisa membeli seekor ayam utuh atau potongan, seperti paha bawah, paha atas, dada, dan kepala. Harga per potongan ayam mulai Rp 5 ribu. Untuk hati dan ampela, masing-masing Rp 1.500. Sementara, seekor ayam utuh harganya Rp 80 ribu. Selain ayam, tersedia pula burung puyuh goreng yang harganya Rp 10 ribu per porsi.

Kendati ukuran warungnya sangat kecil dan hanya bisa menampung 10 pengunjung, namun setiap harinya selalu ramai. Baik yang makan ditempat, dibawa pulang, atau menggunakan jasa antar. Dalam satu hari, warung yang buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB ini melayani pesanan hingga ratusan potong ayam.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI