Tampilkan di aplikasi

Suparji, raih rekor MURI berkat TBS 95 kg

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3779
17 Desember 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3779

Suparji (kiri)

Sinar Tani
Suparji memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) berkat produksi Tandan Buah Segar (TBS)-nya mencapai 95 kg. Penghargaan yang diterima Ketua Koperasi Barokah Jaya di Tegal Mulyo Sumatera Selatan, sebenarnya bukan pertama kali, tapi sudah yang kedua.

TBS milik Suparji ini jauh lebih berat dibanding rata-rata TBS milik petani yang hanya 25- 35 kg. “Keberhasilan tersebut tak lepas dari pengembangan kapasitas yang rutin diberikan Cargill kepada petani plasma sebagai bagian dari program keberlanjutannya,” kata petani yang merupakan plasma dari perusahaan tersebut.

Suparji mengatakan, berkat pelatihan praktik pertanian yang berkelanjutan dari Cargill, dirinya jadi belajar peduli terhadap tanah sekaligus menjaga produktivitasnya secara jangka panjang dan memastikan kelestariannya untuk generasi mendatang.

“Kami mulai mengerti penting nya keterlibatan semua pihak yang terlibat di rantai pasok minyak sawit, mulai dari perkebunan hingga ritel untuk menjaga keberlangsungan lingkungan serta tanggung jawab sosialnya. Sertifikasi RSPO menjadi bukti kepatuhan kami atas praktik tersebut,” tuturnya.

Ketika sebuah perkebunan mendekati akhir siklus hidupnya, hasil panen pun biasanya akan menurun. Namun dengan praktik pertanian yang berkelanjutan, produktivitas dan kualitas TBS pun tetap terjaga dengan penanganan yang ramah lingkungan.

Cargill berkomitmen melakukan penanaman sawit yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Pendampingan Perusahaan Koperasi Barokah Jaya merupakan satu dari 20 koperasi bagian dari 21.000 ha lahan perkebunan sawit PT Hindoli milik Cargill di Sumatera Selatan.

Dengan pendampingan dari Cargill, koperasi ini menjadi salah satu kelompok petani plasma di dunia yang memperoleh sertifikasi sesuai prinsip dan kriteria RSPO (Round Table for Sustainable Palm Oil) di akhir 2010.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI