Tampilkan di aplikasi

Pengembangan bawang putih ditinjau dari perspektif pengawasan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3779
17 Desember 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3779

Kementerian Pertanian mendorong percepatan pengembangan bawang putih hingga bisa swasembada pada 2019 dan tahun 2021 target impor 0 persen.

Sinar Tani
Jenderal Hortikultura merancang skenario swasembada bawang putih tahun 2021 bisa dilihat pada tabel. Skenario menuju swasembada bawang putih tahun 2021 tersebut sudah dianalisis dengan menggunakan metoda Swot.

STRENGTH, Kekuatan yang dijadikan modal dasar untuk bisa mencapai swasembada tahun 2021, yaitu: 1. Dukungan Kebijakan Kemen terian Pertanian dalam rangka swasembada bawang putih sangat tinggi.

Kebijakan Kementerian Perta ni an untuk mempercepat swasembada pangan adalah diwa jibkan importir melakukan penanaman seluas 5% dari RIPH yang diterima sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian RI No 38 Tahun 2017

Tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura Pasal 32 ayat (1) Pelaku usaha yang melakukan Impor Produk Hortikultura bawang putih sebagaimana dimaksud pasal 7 wajib melakukan pengembangan penanaman bawang putih di dalam negeri;

(2) Pengembangan penanaman bawang putih sebagaimana dimaksud ayat (1) dapat dilakukan sendiri atau kerjasama dengan kelompok tani; Pasal 36 (1) Penanaman bawang putih sebagaimana dimaksud pasal 32 paling sedikit menghasilkan produksi 5% dari volume persetujuan RIPH pertahun; (2) Luas tanam yang diperlukan untuk menghasilkan produksi 5% sebagaimana dimaksud pa da (1) dihitung berdasarkan pro duktivitas rata-rata 6 ton per hektar.

Kebijakan perbenihan bawang putih untuk meningkatkan produksi benih bawang putih telah dikeluarkan Keputusan Menteri Pertanian yaitu : a. Keputusan Menteri Pertanian No. 14 Tahun 2018 tentang Teknis Pemurnian Varietas Bawang Putih, menyatakan bahwa benih sebar (BR) dengan warna label biru diperoleh bila pertanaman berasal dari kelas benih sebar / konsumsi dan hasil pemurniannya memenuhi PTM untuk kelas benih sebar pada pemeriksaan lapang dan pemeriksaan umbi di gudang.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI