Tampilkan di aplikasi

Tarmizi, THL TBPP NTB, ditangannya tumbuh 71 kelompok petani binaan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3785
6 Februari 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3785

Peranan penyuluh selain tugas pokoknya melaksanakan penyuluhan dalam suatu wilayah binaan merupakan hal yang sangat penting.

Sinar Tani
Bahkan dengan makin berkembangnya teknologi, penyuluh pun harus cepat tanggap menyampaikan teknologi terbaru untuk petani. Hal tersebut yang diyakini Tarmizi (38 tahun). Sebagai Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP angkatan III Tahun 2009).

Sejak pertama diangkat menjadi THL-TBPP mulai bekerja di desa binaan Desa Genggelang, Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2009 hingga sekarang. Sekitar 71 kelompok tani binaan yaitu 11 kelompok tani komoditi pangan, 30 kelompok tani ternak dan 30 kelompok tani komoditi perkebunan terus dilaku kan dan memaksimalkan peran fungsi kelompoktani di petani.

Bahkan pada tahun 2018 jumlah kelompok tani tersebar dalam setiap komoditi yaitu 3 poktan pangan, 14 poktan perkebunan, 20 poktan ternak, 1 poktan lumbung pangan dan 5 poktan wanita tani serta 21 poktan sudah terdaftar kenotaris dan sisanya belum terdaftar.

Pembinaan dan pendampingan sebagai penyuluh ke kelompok tani bukan hanya di pertanian, tetapi juga peternakan dan perkebunan. Sebab, menjadi potensi yang cukup baik yang didukung dengan letak wilayah berbukit-bukit. Ternak yang di pelihara masyarakat tani Desa Genggelang seperti sapi, babi, kambing, ayam, itik dan madu trigona. Sampai ternak sapi dengan pemelihara secara kandang kolektif mendapatkan perhatikan khusus dari Pemda Kabupaten Lombok Utara dalam Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) kerja sama dengan IPB, negara Australia, dan Bank Indonesia (BI).

Dengan ketekunan dan keuletannya, Tarmizi menjadi juara I Lomba Penilaian Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Teladan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2018. Sebelumnya dilakukan verifikasi dari 10 Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Barat.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI